Record Detail
Advanced SearchText
Evaluasi Implementasi Pemenuhan Standar Pendidik Sekolah Pembentukan Perwira Polri/ Dede Rahayu S.
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pemenuhan standar pendidik di lingkungan Setukpa, dalam upaya penyediaan pendidik sesuai kompetensi yang ditetapkan. Deskripsi tersebut disusun berdasarkan temuan hasil evaluasi terhadap pemenuhan standar pendidik. Lokasi penelitian ini di pembentukan Perwira Polri yang bersumber dari anggota PolriHasil dari penelitian evaluasi implementasi pemenuhan standar pendidik sekolah pembentukan perwira Polri yakni: 1) Dalam bagian conteksadalah landasan program meliputi latar belakang kebijakan seperti Undang-undang, peraturan-peraturan, panduan, tujuan dan sasaran tentang evaluasi implementasi pemenuhan standar pendidik Setukpa Polri. 2) Dalam bagian inputmeliputi sumberdaya yang digunakan dalam pelaksanaan program seperti tenaga pendidik, sistem, sarana dan prasarana, pembiayaan, lingkungan. Pendidik dalam batasan pemenuhan administrasi untuk sertifikasi, akan berdampak pada kompetensi yang dimiliki gadik sehingga tidak sesuai dengan standar pendidik. Belum adanya sistem yang mengatur secara keseluruhan dan berkesinambungan untuk menjadikan sistem secara utuh. Dalam hal sarana dan prasarana hanya 80% yang terpenuhi untuk mencapai standar proses pembelajaran, sedangkan yang 20% terdapat pada kekurangan di bidang IT dalam masa pandemik saat ini. 3) Process, pelaksanaan program implementasi pemenuhan standar pendidik yang meliputi proses seleksi, pembekalan, penempatan, pengembagan kompetensi, pemantauan dan penilaian. Dalam hal tahap seleksi para gadik semua berdasarkan atas Surat Perintah Kasetukpa bukan berdasarkan kompetensi atau prestasi seorang gadik. Hal ini berdampak pada terhadap motivasi dan keterlibatan pendidik dalam pemenuhan standar rendah. Selain itu evaluasi tidak dijakdikan dasar dalam penempatan pendidik karena dalam ini untuk memenuhi pemenuhan standar pendidik bersertifikasi melalui proses Latkatpuan Gadik yang hanya dilakukan beberapa hari. 4) Outputmerupakan hasil pencapaian program evaluasi implementasi pemenuhan standar pendidik yang meliputi terpenuhinya layanan pendidikan dan tercapainya pengembangan pendidik dalam pemenuhan standar pendidik. Sehingga dapat dikatakan belum terpenuhinya layanan yang layak untuk standar pemenuhan gadik di Setukpa dikarenakan sertifikasi berlaku untuk lingkungan Polri yang tidak berorientasi pada standar pendidik yang berdasarkan pada kemampuan dan keterampilan. Sehingga pengembangan gadik belum mampu sesuai denganlandasan dan kriteria yang dibutuhkan. Hal ini berdampak belum berhasilnya Setukpa melakukan pemenuhan standar pendidik, dikarenakan terdapatnya kesenjangan Input dengan kriteria yang ditetapkan sangat tinggi.
Kata Kunci: Pemenuhan standar pendidik, Pendidikan Sekolah pembentukan perwira, Polri
Availability
D0667 | MP/ds D0667 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
MP/ds D0667
|
Publisher | Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2022 |
Collation |
viii, 260 hlm.; Ilus : 29.5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
MP/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available