Record Detail
Advanced SearchText
Sistem Penjaminan Mutu Internal Standar Pengelolaan Pembelajaran di Program Studi Kebidanan/ NURHIDAYAH
Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dipandang sebagai salah satu cara untuk menjawab berbagai permasalahan dan tantangan perguruan tinggidi Indonesia, dimana perguruan tinggi dikatakan bermutu apabila mampu menetapkan dan mewujudkan visinya melalui pelaksanaan misinya, serta mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, dunia kerja,dan professional, namunmasih banyak penyelengara pendidikan kebidanan lebih mementingkan akreditasi dibanding SPMI. Tujuan Penelitian untuk merumuskan strategi pelaksanaanSPMI standar pengelolaan pembelajaran melalui evaluasi PPEPPdan membuktikan perbedaan pelaksanaan standar pembelajaran dalam SPMIdi program studi kebidanan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (mixed method) dengan desain sequential exploratory design,dimana metode kuantitatif dimanfaatkan untuk menguji secara luas penemuan yang dihasilkan dari metode kualitatif. Pengumpulan data dan analisis data dilakukan dengan dua tahap, tahappertama mengunakan metode kualitatif dan tahap keduamengunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan pelaksanaan SPMI standar pengelolaan pembelajarandi program studikebidanan, dilihat dari evaluasi PPEPP belum dilaksanakan secara maksimal, dan terdokumentasi,serta dibuktikan adaperbedaan pelaksanaan standar pengelolaan pembelajarandalam SPMI di program studikebidanan,hal ini dikarenakan dalam pelaksanaan SPMI adanya,kendala dalam komitmen dan kompetensi pimpinan, paradigma, sikap moral, dan organisasi, sehingga direkomendasikan pada ketua program studikebidanan untuk meningkatkan komitmen dan kompetensi dalam pelaksanaan SPMIstandar pengelolaan pembelajaran dengan membentuk team yang solid.
Kata kunci: PelaksanaanSPMI, Standar Pengelolaan Pembelajaran, Pogram StudiKebidanan
Availability
D0671 | MP/ds D0671 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
MP/ds D0671
|
Publisher | Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2022 |
Collation |
xvi, 217 hlm. :ilus ;29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
MP/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available