No image available for this title

Text

Evaluasi Implementasi Program Pendidikan Keaksaraan Dasar di Kabupaten Bogor/ Marliza Oktapiani



Pendidikan keaksaraan dasar adalah layanan pendidikan bagi warga masyarakat buta aksara latin usia 15-59 tahun, prioritas 45 tahun ke atas agar memiliki sikap, pengetahuan, keterampilan dalam menggunakan Bahasa Indonesia, membaca, menulis dan berhitung, untuk mendukung aktivitas sehari-hari dalam kehidupan keluarga dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program melalui pendekatan deskriptif kualitatif, Model yang digunakan adalah Discrepancy Evaluation Model(DEM) yang dikembangkan oleh Malcolm Provus dengan empat tahapan yakni desain, instalasi, proses dan produk. Kesenjangan pada penelitian inimenunjukkanterdapat desain implementasi program serta standaryang ditetapkandilakukan sesuai pedoman yang ada namun terdapat 8 kesenjangan pada aspek sasaran, orientasi pendidik dan tenaga kependidikan, rekruitmen dan penilaian awal peserta didik, penyusunan program kerja, penyiapan sarana dan prasarana, pembelajaran, pembiayaan, terminal produk, Kesenjangan pada aspek Instalasi memiliki 4 kesenjangan yang meliputi Orientasi pendidik dan tenaga kependidikan, Rekruitmen dan, penilaian awal peserta didik, Penyusunan program kerja, Penyiapan Sarana dan prasarana. Kesenjangan pada aspek proses program memiliki 3 kesenjangan meliputi penyusunan perangkatpembelajaran (silabus dan RPP), Peningkatan budaya baca, Penilaian proses pembelajaran dan penilaian hasil akhir. Capaian Hasil dan dampak program pendidikan keaksaraan dasar belum maksimal dalam memenuhi standar program pendidikan keaksaraan dasar. Kebaharuan penelitian ini adalah bahwa penelitian dilakukan di Kabupaten Bogor dengan menggunakan evaluasi formatif yang mengutamakan kriteria dari pedoman program pemerintah selanjutnya program ini dianalisis kesenjangannya serta memberikan pemecahan masalah pada setiap aspek berdasarkan tahapan Discrepancy Evaluation Model(DEM). Program pendidikan keaksaraan dasar perlu dilajutkan guna memperbaiki kualitas pendidikan dan memberikan kesempatan kedua bagi masyarakat yang membutuhkannya.
Kata kunci: Discrepancy Evaluation Model, Implementasi Program, Keaksaraan Dasar


Availability

D0683MP/ds D0683Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/ds D0683
Publisher Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvii, 487 hlm. : Ilus. ; 30cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
MP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this