Record Detail
Advanced SearchText
Evaluasi Implementasi Program Pendidikan Keaksaraan Dasar di Kabupaten Bogor/MARLIZA OKTAPIANI
Pendidikan keaksaraan dasar adalah layanan pendidikan bagi warga masyarakat buta aksara latin usia 15-59 tahun, prioritas 45 tahun ke atas agar memiliki sikap, pengetahuan, keterampilan dalam menggunakan Bahasa Indonesia, membaca, menulis dan berhitung, untuk mendukung aktivitas sehari-hari dalam kehidupan keluarga dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program melalui pendekatan deskriptif kualitatif, Model yang digunakan adalah Discrepancy Evaluation Model(DEM) yang dikembangkan oleh Malcolm Provus dengan empat tahapan yakni desain, instalasi, proses dan produk. Kesenjangan pada penelitian inimenunjukkanterdapat desain implementasi program serta standaryang ditetapkandilakukan sesuai pedoman yang ada namun terdapat 8 kesenjangan pada aspek sasaran, orientasi pendidik dan tenaga kependidikan, rekruitmen dan penilaian awal peserta didik, penyusunan program kerja, penyiapan sarana dan prasarana, pembelajaran, pembiayaan, terminal produk, Kesenjangan pada aspek Instalasi memiliki 4 kesenjangan yang meliputi Orientasi pendidik dan tenaga kependidikan, Rekruitmen dan, penilaian awal peserta didik, Penyusunan program kerja, Penyiapan Sarana dan prasarana. Kesenjangan pada aspek proses program memiliki 3 kesenjangan meliputi penyusunan perangkatpembelajaran (silabus dan RPP), Peningkatan budaya baca, Penilaian proses pembelajaran dan penilaian hasil akhir. Capaian Hasil dan dampak program pendidikan keaksaraan dasar belum maksimal dalam memenuhi standar program pendidikan keaksaraan dasar. Kebaharuan penelitian ini adalah bahwa penelitian dilakukan di Kabupaten Bogor dengan menggunakan evaluasi formatif yang mengutamakan kriteria dari pedoman program pemerintah selanjutnya program ini dianalisis kesenjangannya serta memberikan pemecahan masalah pada setiap aspek berdasarkan tahapan Discrepancy Evaluation Model(DEM). Program pendidikan keaksaraan dasar perlu dilajutkan guna memperbaiki kualitas pendidikan dan memberikan kesempatan kedua bagi masyarakat yang membutuhkannya.
Kata kunci: Discrepancy Evaluation Model, Implementasi Program, Keaksaraan Dasar
Availability
D0683 | MP/ds D0683 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
MP/ds D0683
|
Publisher | Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2020 |
Collation |
xvii, 487 hlm. : Ilus. ; 30cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
MP/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available