No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Seni Budaya Lokal Banyuwangi untuk Menumbuhkembangkan Karakter Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar/ MARTADI



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran tematik terpadu berbasis budaya lokal Banyuwangi untuk menumbuhkembangkan karakter siswa kelas I sekolah dasar. Selain itu juga untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran tematik terpadu berbasis budaya lokal Banyuwangi yang dikembangkan untuk menumbuhkembangkan karakter siswa kelas I SD. Penelitianpengembanganini menggunakan pendekatan ADDIE model. Kerangka penelitian pengembangan ini secara garis besar dilakukan dengan menggunakan 5 tahap yakni: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.Hasil penelitian ini adalah1) melakukan analisis kebutuhan, analisis Kompetensi Inti(KI)dan Kompetensi Dasar(KD), analisis masalah belajar siswa, analisis tentang psikologi perkembangananak, dan analisis karakteristik seni budaya Banyuwangi yang akan diangkat menjadi tema Kegemaranku dan subtemaBernyanyi dan Menari. 2) Mengembangkan perangkat pembelajaran tematik terpadu berbasis budaya Banyuwangi untuk menumbuhkan karakter siswa, berupa: (a) RPP, Buku Guru, Buku Siswa, dan Buku Orang Tua; (b) Media pembelajaran berupa: puzzle, DVDmultimedia, poster, papan tempel, boneka tangan, dan (c) Tempat/kemasan seluruh perangkat berupa tas.Model pembelajaranyang dikembangkan selanjutnya dilakukan uji keterbacaan oleh tiga orang ahli yaitu: ahli media pembelajaran, ahli pendidikan dasar,dan ahli pendidikan seni budaya. Dari aspek kelayakan materi, diperoleh hasil sebanyak 87% memberikan nilai 4 (Sangat Baik) dan sebanyak 13% memberikan nilai 3 (Baik) . Dari segi kelayakan kegrafikan, , 89% responden ahli memberikan nilai 4 dan 11% memberikan nilai 3. Dari segi validasi keterbacaan, para ahli memberikan penilaian 90% nilai 4 dan sebanyak 10% memberikan nilai 3). Dari segi kelayakan media sebanyak 99% jawaban responden ahli menilai kelayakan media sudah sesuai dan hanya 1% dari total responden memberi penilaian tidak sesuai.Setelahdilakukan perbaikan berdasar masukan para ahli, tahap selanjutnya dilakukan ujicoba terbatas di SD.Efektifitas aspek kelayakan materi guru memberikan penilaian sebanyak 49% nilai 4 dan 51% memberikan nilai 3. Kelayakan kegrafikan, diketahui sebanyak 61% memberikan nilai 4 dan sebanyak 39% memberikan nilai 3. Aspek kelayakan keterbacaan, sebanyak 90% memberikan nilai 4 dan sebanyak 10% memberikan nilai 3. Kelayakan media, diketahui sebanyak 100% menyatakan layak sesuai dengan isi materi, kemenarikan, kesesuaian dengan anak, serta kesesuaian dengan seni budaya Banyuwangi. Kata kunci: pengembangan model, tematik terpadu, berbasis seni budaya Banyuwangi, menumbuhkembangkan karakter siswa


Availability

D0687TP/dis D0687Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/dis D0687
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvi, 295 hlm; Ilus: 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/dis
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this