No image available for this title

Text

Manajemen SUksesi di Perusahaan Keluarga Studi Kasus di PT Bakrie Brothers Tbk/ Vidi Rosen



Tujuan dari penelitianini adalah untuk menganalispelaksanaan manajemen suksesidalam perusahaan keluargadan meneliti hal apa saja yang berperan penting untuk mendukung kesuksesannya, khususnya di PT Bakrie Brothers Tbk (BNBR).Hal ini perlu diketahui agar kelangsungan perusahaan dapat terus terjaga di masa yang mendatang. Sebagaisalah satu perusahaan keluarga terbesar di Indonesia BNBRtelah melewati pasang surut di dunia bisnis, berusia 77 tahun, memiliki berbagai macam bisnis, karyawan yang berjumlah ribuan, dan telah dikelola oleh tiga generasi, BNBR merupakan suatu kasus yangsangat menarik untuk diteliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif denganmetode kasus tunggal. Penelitian diawali dengan melakukan observasi awal,kemudian dilanjutkan dengan studi literatur dan penelitian ke lapangan. Data primer yang didapat berupa wawancara sebelas anggota keluarga dan senior eksekutif, sedangkandata sekunder berupa annual report, prospektus, publikasi, foto-foto, analisis industri oleh media, situs web dan lain-lain. Penelitian dilanjutkan dengan pengorganisasiandata dengan melakukan pembuatan transkrip hasil wawancara, mereduksi data dengan melakukan codingdari hasil proses wawancara mendalam,dan menghasilkan temuan peneliti. Untuk keabsahan data hasil wawancara dan lainnya peneliti melakukan triangulasi sumber data.Dalam penelitian ini ditemukan bahwa keberhasilan melaksanakan suksesi ditentukan oleh beberapa hal, antara lain adanya kesadaran dari pemilik perusahaan bahwa kelangsungan perusahaan merupakan suatu kebutuhan dan manajemen suksesi merupakan salah satu kuncinya. Kedua,menentukan entepreneurship sebagai kompetensi intiyang harus dimiliki oleh siapapun yang akan menjadi pimpinan perusahaan. Ketiga,menggunakanbudaya perusahaansebagai acuan perilakubagi seluruh calon pemimpin perusahaan,dan yang terakhir adalah membangun suatu sistem pengembangan pemimpin perusahaan bagi anggota keluarga dan juga professional yang ada di dalamnya. Dalam penelitian ini ada tiga kebaruan penelitian yaitu dari objek penelitan, kasus yang diteliti, dan model manajemen suksesi. Dari sisi objek penelitian BNBR merupakan suatu perusahaan konglomerasi yang sangat besar dan berusia cukup tua. Hal ini tidak ditemui di dalam penelitian penelitian yang sebelumnyadi Indonesia. Dari sisi kasus yang diteliti juga ada kebaruan yang dilakukanmelibatkan profesional yang terlibat di dalam proses manajemen suksesi didalam BNBR. Dalam kesimpulan ditemukan bahwa salah satu kunci keberhasilan manajemen suksesi di dalam perusahaan keluarga adalah dengan mengembangkan para profesional di dalam berbagai tingkatan kepemimpinan untuk dapat menjadi kandidat pimpinan perusahaan di masa yang mendatang. Kebaruan ketiga dari penelitian ini adalah model manajemen suksesi perusahaan yang dihasilkan. Model ini berbeda dengan apa yang pernah dihasilkan oleh penelitian penelitian sebelumnya.
Kata kunci : Manajemen Suksesi, Pengembangan Eksekutif, Perusahaan Keluarga


Availability

D0711IM/ds D0711Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
IM/ds D0711
Publisher Prodi Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xvii, 341 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this