Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V SD di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor/ Titin Supartini
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui”Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar”. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan treatment by level 2 x 2 dengan variabel bebas model pembelajaran dan variabel terikat hasil belajar siswa materi IPA. Penelitian eksperimen ini menggunakan siswa kelompok eksperimen dan siswa kelompok kontrol. Pada penelitian ini yang akan dijadikan sampel adalah kelas VB dan Kelas VC dengan pertimbangan bahwa kelas tersebut bisa mewakili populasi. Langkah penentuan sampel dalam penelitian ini adalah dengan purposive samplingyaitu penentuan sampel dari anggota populasi dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan uji hipotesis dan pengembangan seperti yang telah dipaparkan, maka hasil dari penelitian ini adalah: (1) Secara keseluruhan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara yang mengikuti Pembelajaran dengan penerapan model discovery learningdengan siswa yang mengikuti Pembelajaran dengan model expository learning. Kemampuan hasil belajar siswa yang mengikuti Pembelajaran dengan model discovery learninglebih tinggi daripada siswa yang mengikuti Pembelajaran dengan model expository learning;(2) Secara keseluruhan terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA sekolah dasar; (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model discovery learningdan model expository learningpada siswa yang memiliki motivasi yang tinggidimana hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi dan mengikuti Pembelajaran dengan model discovery learninglebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mengikuti Pembelajaran dengan model expository learning; (4) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan denganmodel discovery learningdan model expository learningpada siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah, dimanahasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dan mengikuti Pembelajaran dengan model discovery learning, lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mengikuti Pembelajaran dengan model expository learning.Kata Kunci : Model Pembelajaran, Motivasi, Hasil Belajar
Availability
T0790 | PD/s T0790 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/s
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2022 |
Collation |
xvi, 172 hlm. : Ilus : 29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/s
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available