No image available for this title

Text

Peningkatan Kemamapuan Memahami Bacaan Bahasa Inggris Melalui Strategi Membaca Kolaboratif : Penelitian tindakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, STKIP Pancasakti Bekasi, Jawa Barat / Yon A.E.



Pembelajar bahasa Inggris mengalami kesulitan dalam memahami bacaan dalam bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bacaan mahasiswa dengan menerapkan Collaborative Strategic Reading (CSR) pada mahasiswa semester dua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Panca Sakti Bekasi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dengan menganalisis catatan lapangan, lembar pengamatan dan wawancara. Sementara data kuantitatif diperoleh dari pre-test, pos-test dan portofolio pra-siklus, siklus I dan siklus II.Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan membaca siswa meningkat dalam empat dimensi tidak hanya pada pemahaman literal, interpretatif, aplikatif tetapi juga pada pemahaman kritis. Temuan menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada pra-siklus (68)meningkat menjadi 77 dan menjadi 87 pada siklus pertama dan kedua. Untuk pemahaman interpretatif, nilai rata-rata pada pra siklus adalah 61, meningkat menjadi 69 pada siklus I dan menjadi 80 pada siklus II. Untuk pemahaman aplikatif, nilai rata-rata pada pra siklus adalah 62, meningkat menjadi 64 pada siklus I dan menjadi 84 pada siklus II. Akhirnya pemahaman kritis juga meningkat, dari 59 pada prasiklus menjadi 65 pada siklus I dan menjadi 85 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Collaborative Strategic Reading efektif meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan mahasiswa. Peneliti kemudian menghasilkan beberapa hasil dari disertasi tersebut sebagai berikut: 1) artikel di jurnal ERJEE untuk indeks Sinta 2/DOAJ, 2) presenter pada konferensi internasional Asian EFL Journal, 3) buku ISBN, dan 4) sertifikat HAKI.Kata kunci:Kemampuan memahamani bacaan, strategi kolaboratif, penelitian tindakan


Availability

2022019192yonLT/sin YON 2022Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/sin YON 2022
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
50 hlm ; 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/sin YON 2022
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this