No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Mobile Learning pada Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik / Leni Pebriantika



SinopsisPengembanganModelPembelajaranBerbasisMobileLearningPadaMataKuliahPerkembanganPesertaDidik4LeniPebriantikaPENGEMBANGANMODELPEMBELAJARANBERBASISMOBILELEARNINGPADAMATAKULIAHPERKEMBANGANPESERTADIDIKLeniPebriantikaABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah model pembelajaranberbasis mobile learning pada Mata kuliah Perkembangan Peserta Didik, menganalisis kelayakanmodel dan menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaranberbasis mobile learning padaMata kuliah Perkembangan Peserta Didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian danpengembangan (Research and Development) yang mengkombinasikan model pengembangan dariDickandCareydanHanafinPeck.Pengumpulandatamenggunakanobservasi,angket,wawancara dan test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah descriptivekualitatifdankuantitatif.Rancanganpenelitianinimenggunakanpretest-posttestuntukmengetahuikemampuanawaldanakhirmahasiswa.Ujisignifikanefektivitasmodelmobilelearning pada mata kuliah perkembangan peserta didik menggunakan uji-t. Dari hasil penelitianmakadidapatkannilaipre-testdanposttestmahasiswadengarata-ratanilaipretestsebesar75,48% dan posrt test 81,67%. Niilai ini diambil dari 21 mahasiswa yang mengikuti mata kuliahperkembangan peserta didik. Untuk nilai Standar Deviasi pada pre-test sebesar 9, 341 dan post-testsebesar 11,106. Karena nilai rata-rata pre-test < post-test yaitu 75,48 < 81,67, maka artinya secaradeskriptif terdapat perbedaan rata-rata nilai pre-test dan post-test hasil belajar mahasiswa yangmengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran bebrbasis mobile learning.Hasil uji-t didapatkan nilai Sig. (2-railed)sebesar 0,001 < 0,005. Nilai df adalah 20 maka nilai t-tabel adalah 2,085. Nilai t-hitung 3,924 > 2,85. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ada perbedaanantara nilai rata-rata pre-test dan post-test hasil belajar mahasiswa. Hasil menunjukkan signifikanartinya model pembelajaran berbasis mobile learningefektif untuk digunakan pada mata kuliahperkembanganpesertadidik.Penelitianinimenghasilkantigabentukmodelyaitu:modelkonseptual, model prosedural dan model fisikal. Model fisikal terdiri dari: 1) aplikasi mobile PPD(PerkembanganPesertaDidik);2)bahanajar cetak;3)panduandosen;dan 4)panduanmahasiswa.KataKunci:ModelPembelajaran,MobileLearning,PerkembanganPesertaDidik,HasilBelajar


Availability

2022019197lenTP/sin LEN 2022Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/sin LEN 2022
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
34 hlm. :ilus : 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this