Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Strategi Pelatihan dan Efikasi Diri terhadap Kemampuan Mencipta Tari: Eksperimen pada Guru PAUD di Provinsi DKI Jakarta
Kreativitas sangat penting dan perlu dikembangkan dalam diri anak sejak dini, karena dengan berkreasi orang dapat mewujudkan (mengaktualisasikan) dirinya. Dalam mengembangkan kreativitas, dukungan lingkungan memegang peranan penting. Lingkungan itu antara lain terkait dengan guru. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa seni tari merupakan media pembelajaran yang sangat efektif dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini. Oleh karena itu guru perlu diberikan pelatihan untuk dapat mengembangkan kreativitas melalui seni tari. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi pelatihan dan efikasi diri terhadap kemampuan mencipta tari. Metode penelitian adalah eksperimen by level 2x2. Populasi target dalam penelitian ini adalah guru PAUD di Provinsi DKI Jakarta dengan kriteria inklusi yaitu lulusan S1 guru PAUD dengan jumlah 260. Setelah diambil secara random, populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah guru PAUD di wilayah Jakarta Timur sebanyak 64 orang sebagai kelompok eksperimen dan wilayah Jakarta Selatan sebanyak 64 orang sebagai kelompok kontrol.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan ANNAVA dua jalur dengan tujuan untuk menguji efek utama A dan efek utama B serta pengaruh interaksi antar A dan B (main effect dan interaction effect). Pengujian selanjutnya dilakukan dengan menggunakan uji-t yang dimaksudkan untuk menguji perbedaan rata-rata antar sel (simple effect). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan mencipta tari guru PAUD dengan menggunakan pendekatan ekspresi bebas lebih tinggi daripada guru dengan menggunakan pendekatan saintifik, 2) Kemampuan mencipta tari guru PAUD yang memiliki efikasi diri tinggi lebih tinggi dari kemampuan mencipta tari guru PAUD yang memiliki efikasi diri rendah; 3) Terdapat pengaruh interaksi antara strategi pelatihan dan efikasi diri terhadap kemampuan mencipta tari guru PAUD; 4) Strategi pelatihan dengan menggunakan pendekatan ekspresi bebas lebih tepat bagi yang memiliki efikasi diri yang tinggi dalam meningkatkan kemampuan mencipta tari guru PAUD di Provinsi DKI Jakarta; 5) Strategi pelatihan dengan menggunakan pendekatan santifik lebih tepat bagi yang memiliki efikasi diri yang rendah dalam meningkatkan kemampuan mencipta tari guru PAUD di Provinsi DKI. Pada Manfaat Teoritis, melalui penelitian ini diharapkan dapat memperkaya konsep atau kajian teori serta memberikan manfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan dan pelatihan. Penelitian ini juga diharapkan dapat bermanfaat sebagai rujukan untuk orang-orang yang berminat melakukan penelitian selanjutnya. Manfaat Praktisnya, Melalui penelitian ini diharapkan dapat diperoleh bukti-bukti empiris tentang efektifitas hasil pelatihan terhadap kemampuan mencipta tari guru PAUD.
Kata kunci: Strategi Pelatihan Dan Efikasi Diri, Kemampuan Mencipta Tari
Availability
2022019210nur | PAUD/sin NUR 2022 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PAUD/sin NUR 2022
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2022 |
Collation |
26 hlm. : ilus. ; 21,5 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PAUD/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available