No image available for this title

Text

Model Pembelajaran Menulis Artikel Ilmiah Berbasis Contextual Teaching and Learning : Penelitian pengembangan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Jambi



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran menulis artikel ilmiahberbasiscontextual teaching and learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall. Model dikembangkan didasarkanhasil analisis kebutuhan, kemudian melalui proses validasi oleh pakar, teman sejawat, sertaujicoba. Model ini dikembangkan dengan memadukan dua pendekatan pembelajaran yaitu contextual teaching and learningdan pendekatan berbasis genre teks (genre-basedapproach). Data hasil analisis kebutuhan, validasi, dan ujicoba dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) mahasiswa membutuhkan model pembelajaran menulis artikel ilmiahyang sesuai dengan karakteristik mahasiswa yaitu layak, dan efektif, serta dekat dengan konteks kehidupanmereka; (2) model pembelajaran yang digunakan saat ini belum dirancang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa; (3) model pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas empatsintak yaitu:membangun pengetahuan lapangan (konteks), pemodelan, konstruksi teks bersama, dan konstruksi teks independen; (4) berdasarkan uji kelayakan oleh pakar, model yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dengan skor rata-rata kelayakan sebesar 4,54 dengan kategori sangat layak; (5)berdasarkan persepsi pengguna diketahui bahwa model pembelajaran yang dikembangkan dinyatakansangat baik, dengan skor rata-rata persepsi dosen sebesar 4,39 pada kategori sangat baik dan skor rata rata persepsi mahasiswa sebesar 4,25 juga pada kategori sangat baik; (6) hasil uji efektivitas yang didasarkan pada skor pretest dan posttest diketahui bahwa model pembelajaran menulis artikel ilmiahberbasis CTLefektifmeningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah. Dengan demikian, dapat disimpulan bahwa model pembelajaran menulis artikel ilmiahberbasis CTLyang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis artikel ilmiah. Kata kunci: model pembelajaran menulis,artikel ilmiah, contextual teaching and learning


Availability

2022019195afiLT/sin AFI 2022Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/sin AFI 2022
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
51 hlm.: Ilus ; 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this