No image available for this title

Text

Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi Bahasa Inggris : Penelitian eksperimen pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Kuningan / Erwin Oktoma



Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhstrategipembelajaran(strategimetakognisidikelasekperimen, danstrategi petakonsepdi kelaskontrol) terhadapketerampilanmenulisargumentatifmahasiswasertauntukmengetahuipengaruhkemampuanberpikirsebagaivariabelmoderator(berpikirkritisdanberpikirkreatif)terhadapketer ampilanmenulisargumentatifmahasiswadanuntukmengetahuipengaruhinteraksiantarastrategipembelajaran(strategimetakognisi,strategipetakonsep)dankemampuanberpikir(berpikirkritis,berpikirkreatif)terhadapketerampilanmenulisargumentatifm ahasiswa.PenelitianinidilakukanpadamahasiswasemesterIIIprogramstudi pendidikan BahasaInggrisFakultasKeguruan dan Ilmu PendidikanUniversitasKuningan.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatif.Teknikpengumpulandatadenganmenggunakantes,yaitu:(1)Tesketerampilanmenulisargumentatif(2)TeskemampuanBerpikirKritisdanKreatifdimanatesinidigunakanuntukmengelompokanmahasiswasesuaidengankarakteristikberpikirkritisdanberpikirkreatif.Hasilpenelitianmenunjukanbahw astrategipembelajaranmemberikanpengaruhyangsignifikanterhadapketerampilanmenulisargumentatifBahasaInggrismahasiswa.Keterampilanmenulisargumentatifmahasiswayangdiberikanstrategipembelajaranmetakognitiflebihbaikdaripadamah asiswayangdiberikanstrategipembelajaranpetakonsep.Selainitujugadidugaadaketerkaitankemampuanberpikirmahasiswayangmemilikikemamapuanberpikiryangberbeda.Kemampuanberpikirkritisternyatalebihtepatdimilikimahasiswauntukmemilikiketerampilanmenulisargumentatifdenganbaik.Pemberianstrategipembelajaranyangsamapadasemuamahasiswamerupakanhalyangkurangmenguntungkantanpamempertimbangkanaspekkemampuanberpikir.Halinidisebabkankarenapadakelompokmahasiswadengankemampuanberpikirkritis,penerapanstartegipembelajaranmetakognitifmenghasilkanhasilketerampilanmenulisargumentatifmahasiswayanglebihbaikdaripadakelompokmahasiswayangdiberikanstrategipembelajaranpetakonsep.Kedua,sekalipunkemampuanberpikirmahasiswatelahdipertimbangkan,namunpenerapanstrategipembelajaranyangkurangtepatjugaberdampakpadahasilketerampilanmenulisargumentatifmahasiswa.Keywords:kemampuanBerpikir,menulisArgumentasi,strategiPembelajaran


Availability

2022019186erwLT/sin ERW 2022Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/sin ERW 2022
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
50 hlm. ; Ilus : 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this