Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi Bahasa Inggris : Penelitian eksperimen pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Kuningan / Erwin Oktoma
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhstrategipembelajaran(strategimetakognisidikelasekperimen, danstrategi petakonsepdi kelaskontrol) terhadapketerampilanmenulisargumentatifmahasiswasertauntukmengetahuipengaruhkemampuanberpikirsebagaivariabelmoderator(berpikirkritisdanberpikirkreatif)terhadapketer ampilanmenulisargumentatifmahasiswadanuntukmengetahuipengaruhinteraksiantarastrategipembelajaran(strategimetakognisi,strategipetakonsep)dankemampuanberpikir(berpikirkritis,berpikirkreatif)terhadapketerampilanmenulisargumentatifm ahasiswa.PenelitianinidilakukanpadamahasiswasemesterIIIprogramstudi pendidikan BahasaInggrisFakultasKeguruan dan Ilmu PendidikanUniversitasKuningan.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatif.Teknikpengumpulandatadenganmenggunakantes,yaitu:(1)Tesketerampilanmenulisargumentatif(2)TeskemampuanBerpikirKritisdanKreatifdimanatesinidigunakanuntukmengelompokanmahasiswasesuaidengankarakteristikberpikirkritisdanberpikirkreatif.Hasilpenelitianmenunjukanbahw astrategipembelajaranmemberikanpengaruhyangsignifikanterhadapketerampilanmenulisargumentatifBahasaInggrismahasiswa.Keterampilanmenulisargumentatifmahasiswayangdiberikanstrategipembelajaranmetakognitiflebihbaikdaripadamah asiswayangdiberikanstrategipembelajaranpetakonsep.Selainitujugadidugaadaketerkaitankemampuanberpikirmahasiswayangmemilikikemamapuanberpikiryangberbeda.Kemampuanberpikirkritisternyatalebihtepatdimilikimahasiswauntukmemilikiketerampilanmenulisargumentatifdenganbaik.Pemberianstrategipembelajaranyangsamapadasemuamahasiswamerupakanhalyangkurangmenguntungkantanpamempertimbangkanaspekkemampuanberpikir.Halinidisebabkankarenapadakelompokmahasiswadengankemampuanberpikirkritis,penerapanstartegipembelajaranmetakognitifmenghasilkanhasilketerampilanmenulisargumentatifmahasiswayanglebihbaikdaripadakelompokmahasiswayangdiberikanstrategipembelajaranpetakonsep.Kedua,sekalipunkemampuanberpikirmahasiswatelahdipertimbangkan,namunpenerapanstrategipembelajaranyangkurangtepatjugaberdampakpadahasilketerampilanmenulisargumentatifmahasiswa.Keywords:kemampuanBerpikir,menulisArgumentasi,strategiPembelajaran
Availability
2022019186erw | LT/sin ERW 2022 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
LT/sin ERW 2022
|
Publisher | Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2022 |
Collation |
50 hlm. ; Ilus : 21 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
LT/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available