No image available for this title

Text

Pengaruh Gaya Mengajar dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Renang Gaya Dada / Pringgo Mardesia



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh gaya mengajar inklusi, self check, komando,dan motivasi belajar terhadap keterampilan renang gaya dada. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan ulang faktorial 2 x 3. Gaya mengajar adalah perlakuan yang diberikan pada mahasiswa sebagai variabel bebas, motivasi belajar sebagai variabel atribut, sedangkan keterampilan renang gaya dadamerupakan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswaProgram Studi PJKR FIK UNP angkatan 2018/2019yang memprogramkan mata kuliah renangdasar, sebanyak 134orang.Sampel sebanyak 48 orang diambil dengan teknik Randomized group design. Pengumpulan data keterampilan renang gaya dada diambil dengan mengunakan analisisrenang gaya dada dan motivasi belajar digunakan angket. Data keterampilan renang gaya dada yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan statistik inferensial ANAVA 2 x 3 dua jalur (two way anova). Berdasarkan hasil analisis data dan interpretasi dari hasil penelitian menunjukan bahwa; (1). Secara keseluruhan, terdapat perbedaan pengaruh gaya mengajar yang signifikan antara gaya mengajar inklusi, self check, dan komandoterhadap keterampilan renang gaya dada, (2). Terdapat interaksi antara pengaruh gaya mengajar dengan keterampilan renang gaya dada, (3). Bagi mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, terdapat perbedaan pengaruh gaya mengajar yang signifikan antara gaya mengajar inklusidan komandoterhadap keterampilan renang gaya dada, (4) Terdapatpengaruh interaksi antara gaya mengajar dan motivasi belajar terhadap keterampilan renang gaya dada, (5). Bagi mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, terdapat perbedaan gaya mengajar yang signifikan antara gaya mengajar inklusi dan self check terhadap keterampilan renang gaya dada.(6). Bagi mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, terdapat perbedaan pengaruh gaya mengajar yang signifikan antara gaya mengajar self checkdan komandoterhadap keterampilan renang gaya dada. (7). Bagi mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah, terdapat perbedaan pengaruh gaya mengajar yang signifikan antara gaya mengajar inkjlusidan komando terhadap keterampilan renang gaya dada, (8). Bagi mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah, tidak terdapatperbedaan gaya mengajar yang signifikan antara gaya mengajar inklusi dan self check terhadap keterampilan renang gaya dada. (9) Bagi mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah, tidak terdapat perbedaan antara gaya mengajar inklusi dan self check terhadap keterampilan renang gaya dada, (10). Bagi mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah, terdapat perbedaan pengaruh gaya mengajar yang signifikan antara gaya mengajar self check dan komando terhadap keterampilan renang gaya dada.Kata Kunci:Gaya Mengajar, Motivasi Belajar, Keterampilan Renang Gaya


Availability

2022019205priPENJAS/sin PRI 2022Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PENJAS/sin PRI 2022
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
26 hlm ; Ilus : 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PENJAS/sin PRI 2022
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this