No image available for this title

Text

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Sikap Ilmiah Terhadap Kemampuan Berpikir Divergen pada Mata Kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup : Studi mahasiswa PGSD STKIP Sebelas April Sumedang / Encep Iman Hadi Sunarya



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi model pembelajaran inkuiri dan sikap ilmiah terhadap kemampuan berpikir divergen mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Desain yang digunakan adalah desain penelitian treatment by level. Sampel pada penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan PGSD semester dua, kelas C dan kelasD. tahun pelajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan dipilih menggunakan teknik multiple stage random sampling. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian yang diperoleh kesimpulan yaitu, pertama, model pembelajaran guided inkuirydan free inkuirydapat mempengaruhi kemampuanberpikir divergen mahasiswa. kedua,Terjadi interaksi antara model pembelajaran inkuiri dan sikap ilmiah terhadap kemampuan berpikir divergen PLH. ketiga Pada kelompok mahasiswa yang memiliki sikap ilmiah tinggikemampuan berpikir divergen PLH antara mahasiswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing kelompok tidak memiliki perbedaan yang signifikandengan yang menggunakan model inkuiri bebas. keempat,Pada kelompok mahasiswa yang memiliki sikap ilmiah rendahmemiliki perbedaan yangdiajarkan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbingsignifikan dibandingkan menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas. Hasil penelitian ini yaitu dosen harus dapat menciptakan lingkungan belajar yang dapat mengembangkan sikap ilmiah mahasiswa melalui model pembelajaran yang menarik, inspiratif, dan sesuai materi pelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir divergen mahasiswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Guided Inquiry, Free Inquiry, Kemampuan Berpikir Divergen dan Sikap Ilmiah.


Availability

2022019180encPD/sin ENC 2022Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/sin ENC 2022
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
32 hlm. : ilus. ; 21 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this