No image available for this title

Text

Literasi Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Latar Belakang Penddiikan : Studi Fenomenologi pada siswa kelas 1 SDN Cijambu dan SDN Siliwangi di Kabupaten Bogor Selatan/ Ahmad Syarif



Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan model literasi membaca permulaan siswa Sekolah Dasar berdasarkan latar belakang pendidikan. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan desain fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan desain model Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Hasil penelitian menemukan model literasi membaca permulaan siswa bersifat hirarkis, yaitu pengetahuan alfabet, kesadaran fonemik, kesadaran fonologi, fluensi dan pemahaman membaca. Siswa yang berlatar pendidikan PAUD sudah menguasai kesadaran fonologi dibanding siswa NONPAUD ketika masuk SD. Hal ini karena tuntutan orangtua dan tingginya tujuan membaca di SD sehingga PAUD membelajarkan membaca. Model literasi tersebut diperoleh melalui: 1) pembelajaran literasi membaca permulaan menggunakan kurikulum 2013, media kartu kata dan gambar, materi belajar yang bersifat tematik, penggunaan strategi fonik dan whole language, dan penilaian sesuai tujuan pembelajaran (membaca pemahaman), 2) peran keterlibatan orangtua melalui parenting helping, komunikasi yang efektif, relawan/organisator & partisipator, pembelajaran di rumah, pengambilan keputusan, 3) bimbingan belajar yang mengacu pada tujuan perbaikan, pengayaan, dan motivasi siswa dalam membaca, strategi penggunaaan fonik dan whole languange, media belajar visual dan materi kurikulum 2013. Keterbaruan dari penelitian ini, yaitu menemukan model hirarkis literasi membaca permulaan anak-anak, siswa yang sudah mampu menghubungkan bunyi bisa langsung menguasai pemahaman bacaan mestipun tidak fluensi, menemukan pergeseran orientasi tujuan literasi membaca di PAUD yang tidak sesuai dengan aturan/kurikulum pemerintah karena tuntutan orangtua dan tingginya tujuan literasi membaca di SD. Rekomendasi penelitian ini, yaitu perlu dikembangkan kebijakan kurikulum literasi membaca permulaan yang jelas dan berjenjang antara literasi membaca di PAUD dan Sekolah Dasar.
Kata kunci: Literasi Membaca Permulaan, Pembelajaran Literasi, Bimbingan Belajar, Peran Orangtua


Availability

2022019182ahmPD/sin AHM 2020Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/sin AHM 2020
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
39 hlm. : ilus. ; 21 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this