No image available for this title

Text

Pengembangan Bahan Ajar Komik Berbasis Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas V pada Subtema "Manusia dan Lingkungan"



Era digital yang sedang dijalani saat ini merupakan alasan perlunya dikembangkan bahan ajar yang dikemas dalam bentuk komik berbasis digital interaktif khususnya untuk peserta didik sekolah dasar, karena kondisi tersebut memaksa semua guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran dalam jaringan (daring). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Bahan Ajar Komik Berbasis Digital (BAKBD) interaktif untuk Sekolah Dasar kelas V semester 1 pada tema “Organ Gerak Hewan dan Manusia” subtema “Manusia dan lingkungan” yang sesuai kurikulum tahun 2013 dan karakteristik peserta didik serta mendukung pembelajaran daring di era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model Bergman & Moore. Model ini mencakup enam aktivitas utama, yaitu: analisis, rancangan, pengembangan, produksi, penulisan, dan validasi produk yang dikembangkan. Temuan penelitian ini adalah bahwa penggunaan BAKBD Interaktif tema 1 “Organ Gerak Hewan dan Manusia” subtema 2 “Manusia dan lingkungan” untuk Sekolah Dasar kelas V semester 1 yang dirancang dan dikemas dalam bentuk komik digital interaktif, dilengkapi narasi penjelasan cara belajar, integrasi audio musik instrumental, secara interaktif terhubung dengan sumber-sumber belajar lain yang relevan, dan latihan soal-soal yang interaktif, teruji secara empiris: 1) meningkatkan intensitas keterlibatan peserta didik sekolah dasar dalam proses pembelajaran mandiri secara daring, membantu guru dalam menyelenggarakan pembelajaran daring, dan membantu orang tua dalam membimbing putra-putrinya belajar di rumah; 2) capaian hasil belajar peserta didik cenderung sedang menuju tinggi, rerata hasil belajar yang dicapai peserta didik perempuan sedikit lebih tinggi daripada peserta didik laki-laki namun tidak signifikan, dan rerata hasil belajar peserta didik yang berasal dari SDS lebih besar dari rerata hasil belajar peserta didik yang berasal dari SDN dengan perbedaan yang signifikan; 3) efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. BAKBD interaktif yang dikembangkan dalam penelitian ini merupakan produk baru dan original yang dikembangkan mengacu pada kurikuklum tahun 2013 dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran mandiri secara daring yang akan menjadi salah satu moda pembelajaran masa depan.
Kata kunci: hasil belajar, literasi digital, komik digital interaktif, pembelajaran daring, moda pembelajaran masa depan.


Availability

2022019181husPD/sin HUS 2021Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/sin HUS 2021
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
44 hlm. : ilus. ; 21 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this