No image available for this title

Text

Pengaruh Kecerdasan Emosional Guru, Manajemen Kelas, dan Iklim Organisasi Sekolah terhadap Perilaku Interaksi Guru dan Murid pada Satuan Pendidikan Kerjasama Tingkat Menengah Atas di Kota Tangerang Selatan / Listiyawati



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional guru, manajemen kelas, dan iklim organisasi sekolah terhadap perilaku interaksi guru dan murid pada satuan pendidikan kerjasama tingkat SMA di Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini mengaplikasikan perhitungan kuantitatif dengan penajaman berupa penerapan wawancara dan observasi hingga menghasilkan rancangan model perilaku interaksi guru dan murid. Penelitian menggunakan metode survei dengan analisis jalur yang diterapkan pada pengujian hipotesis serta melakukan wawancara antara guru dan siswa. Jumlah populasi sasaran penelitian ini adalah 143 guru. Sampel penelitian adalah 105 guru dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Berdasarkan penelitian data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) kecerdasan emosional berpengaruh langsung positif terhadap perilaku interaksi guru dan murid;(2) manajemen kelas berpengaruh langsung positif terhadap perilaku interaksi guru dan murid; (3) iklim organisasi sekolah berpengaruh langsung positif terhadap perilaku interaksi guru dan murid; (4) kecerdasan emosional berpengaruh tidak langsung positif terhadap perilaku interaksi guru dan murid melalui iklim organisasi sekolah; (5) manajemen kelas berpengaruh tidak langsung positif terhadap perilaku interaksi guru dan murid melalui iklim organisasi sekolah; (6) kecerdasan emosional berpengaruh tidak langsung positif terhadap perilaku interaksi guru dan murid melalui manajemen kelas; (7) terdapat rancangan model perilaku interaksi guru dan murid melalui kecerdasan emosional, manajemen kelas dan iklim organisasi sekolah. Penelitian ini juga menghasilkan rancangan rancangan model perilaku interaksi guru dan murid melalui kecerdasan emosional, iklim organisasi dan manajemen kelas.
Kata Kunci: Perilaku Interaksi Guru dan Murid, Kecerdasan Emosional, Manajemen Kelas, dan Iklim Organisasi Sekolah


Availability

2022019229lisMP/sin LIS 2022Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/sin LIS 2022
Publisher Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
59 hlm. : ilus. ; 20,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
MP/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this