No image available for this title

Text

Pengembangan Model Siklus Belajar Berbasis Positive Learning Environment (SIBELPOLEN) dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SD/MI



Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan desain model Sibelpolen dalam Pembelajaran IPA untuk siswa SD/MI, 2) Mengetahui efektifitas dan kelayakan model sibelpolen dalam meningkatkan literasi sains siswa 3) Implementasi model sibelpolen dalam pembelajaran IPA di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model (RnD), dengan mengkombinasikan model Borg & Gall (1993) dan ASSURE. Adapun subjek penelitian 57 siswa kelas V SD dari MI An-Nur dan MI PGM, dengan tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, kuesioner dan tes. Sedangkan analisa datanya menggunakan deskriptif kualitatif dan untuk analisis kuantitatif menggunakan uji validasi teoritis dan empiris. Dalam needassessmentdiperoleh hasil analisis berupa tes literasi sains siswa sebesar 85,7% siswa belum mampu menjawab latihan soal literasi. Adapun hasil penelitian meliputi: 1) Desain model pembelajaran IPA sibelpolen dalam bentuk sintaks pengajaran 8E (elicit, encourage, engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation& enjoyable reflection,2) Model Sibelpolen layak digunakan dan cukup efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa SD/MI dibuktikan melalui validasi ahli (teoritis) dan empiris, Hasil uji validasi Ahli memenuhi kriteria layak digunakan setelah revisi kecil dengan kriteria baik (rerata 3,4) untuk validasi modul Sibelpolen & materi literasi sains, sedangkan untuk validasi model memperoleh kriteria sangat baik (rerata 3,65). Hasil uji validasi empiris melalui uji t paired samplepretes-postes pada uji coba terbatas diperoleh rerata N-gain sebesar 58%, Uji coba Diperluas I sebesar 37%, dan uji coba Diperluas II sebesar 56% dengan kategori cukup efektif, 3) Hasil implementasi model sibelpolen dalam pembelajaran IPA diterapkan dalam 3 tahap yaitu kegiatan awal (elicit&encourage), kegiatan inti (engagement, exploration, explanation, elaboration) dan kegiatan akhir (evaluation&enjoyable reflection) melalui aktifitas menulis pengalaman menyenangkan. Kesimpulannya ialah model Sibelpolen dalam Pembelajaran IPA, terbukti mampu meningkatkan literasi sains siswa secara signifikan dan cukup efektif pada siswa kelas 5 MI di Kota Cirebon.Kata kunci: Literasi, Sains, Siklus Belajar, Positive Learning Environment


Availability

2022019278atikPD/sin ATIK 2021Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/sin
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
36 hlm. : Ilus : 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this