No image available for this title

Text

Peningkatan Kreativitas dalam Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Scratch di Kelas V Sekolah Dasar



Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan kreativitas dalam memecahkan masalah matematika melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media Scratch serta untuk menganalisis peningkatan kreativitas dalam memecahkan masalah matematika melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media Scratch pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Furqon Palangkaraya.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah dasar yaitu perencanaan, implementasi, monitoring dan evaluasi. Subjek dalam penelitian tindakan ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Furqon Palangkaraya tahun pelajaran 2019/2020. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai bulan November 2019. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan pemberian tes. Observasi dilakukan untuk memperoleh data tentang sikap dan aktivitas peserta didik serta aktivitas guru dalam proses pelaksanaan tindakan melalui lembar observasi, dimana proses pengambilan datanya dibantu oleh kolaborator. Pemberian tes dilakukan untuk mengukur kreativitas peserta didik dalampemecahan masalah matematika. Kriteria keberhasilan yang digunakan dalam setiap siklus tindakan yaitu apabila peserta didik secara klasikal telah mencapai minimal kategori cukup kreatif (level 3) minimal 75%. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media Scratch mampu meningkatkan kreativitas dalam pemecahan masalah matematika pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Furqon Palangkaraya.Kata kunci: Kreativitas Matematika, Model Inkuiri Terbimbing, Media Scratch


Availability

2022019275atinPD/sin ATIN 2021Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/sin ATIN 2021
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
53 hlm. : Ilus ; 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this