Record Detail
Advanced SearchText
Peningkatan Kreativitas dalam Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Scratch di Kelas V Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan kreativitas dalam memecahkan masalah matematika melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media Scratch serta untuk menganalisis peningkatan kreativitas dalam memecahkan masalah matematika melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media Scratch pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Furqon Palangkaraya.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah dasar yaitu perencanaan, implementasi, monitoring dan evaluasi. Subjek dalam penelitian tindakan ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Furqon Palangkaraya tahun pelajaran 2019/2020. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai bulan November 2019. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan pemberian tes. Observasi dilakukan untuk memperoleh data tentang sikap dan aktivitas peserta didik serta aktivitas guru dalam proses pelaksanaan tindakan melalui lembar observasi, dimana proses pengambilan datanya dibantu oleh kolaborator. Pemberian tes dilakukan untuk mengukur kreativitas peserta didik dalampemecahan masalah matematika. Kriteria keberhasilan yang digunakan dalam setiap siklus tindakan yaitu apabila peserta didik secara klasikal telah mencapai minimal kategori cukup kreatif (level 3) minimal 75%. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media Scratch mampu meningkatkan kreativitas dalam pemecahan masalah matematika pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Furqon Palangkaraya.Kata kunci: Kreativitas Matematika, Model Inkuiri Terbimbing, Media Scratch
Availability
2022019275atin | PD/sin ATIN 2021 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/sin ATIN 2021
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
53 hlm. : Ilus ; 21 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available