No image available for this title

Text

Strategi Inovatif Program Pendidikan Karakter: Studi Evaluasi di SD Tangerang Selatan



Pendidikan karakter merupakan program nasional di Indonesia dimulai tahun 2010 berpayung hukum pada Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2010. Fokus pelaksanaan program pendidikan karakter dikhususkan pada nilai religius, cinta tanah air, dan peduli lingkungan. Evaluasi program menggunakan Model CIPP yaitu: konteks, input, proses, dan produk. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa di SD Tangerang Selatan. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles-Huberman, yaitu reduksi data, tampilan data, dan verifikasi data. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan Strategi Inovatif Program Pendidikan Karakter yang diperoleh berdasarkan hasil evaluasi secara umum terkait aspek konteks, input, proses dan produk dari pelaksanaan program pendidikan karakter di SD Tangerang Selatan yang dikategorikan cukup. Dalam hal ini, masih dibutuhkan pengembangan prosedur pelaksanaan yang memiliki standar sama selain pelaksanaan yang lebih konsisten. Untuk itu, diperlukan kajian pengembangan lebih lanjut, khususnya untuk standarisasi metode, pembinaan, dan pengawasan yang efektif dan konsisten terkait penelitian ini.Kata kunci:Evaluasi, Program Pendidikan Karakter, Model CIPP, Sekolah Dasar


Availability

2022019271andPD/sin AND 2021Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/sin AND 2021
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
20 hlm. :Ilus; 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this