No image available for this title

Text

Analisis Faktor Implementasi Blended Learning Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Kota Bogor



Banyak jenis penelitiantentangblended learningtelah dilakukan namun studi analisis faktor implementasinya masih terbatas. Penelitian ini bertujuan mendapatkan fit model dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi blended learningdalam pembelajaran matematika. Keberhasilan implementasi blended learningdiadopsi dari Stacey dan Gerbic(2008)yang mencakup empat hal besar yaitu kondisi lembaga, guru, siswa, dan pertimbangan pedagogik. Penelitian ini menggunakanpendekatankuantitatif dengan metode explanatory survey. Pengambilan sampel menggunakan random cluster samplingberjumlah 165 guru kelas 4, 5, dan 6 Madrasah Ibtidaiyahdi Kota Bogor pada Januari hinggaJuli2020. Instrumenmenggunakan kuesioner dengan skala Likert. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Structural Equation Modeling(SEM). Evaluasi dalam model ini terdiri dari dua tahap, yakni measurement modeldan structural measurement.Uji hipotesis yang dilakukan menggunakan kaidah pengujian signifikansi dengan bantuan aplikasi SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kondisi guru memiliki kontribusi yang paling besarterhadap implementasi blended learning, selanjutnya kondisi siswa lalu pertimbangan pedagogik dan terakhir kondisi lembagamemberikanpengaruhyangpalingkecil.Effect Sizepada tingkat struktural diperoleh nilai f2untuk prediktor kondisi guru sebesar 0,378378, kondisi siswa sebesar 0,372973 yang keduanya termasuk dalam kategori efek kuat dan pertimbangan pedagogik sebesar 0,32973 termasuk kategori efek sedang. Penelitian ini penting digunakan sebagai rujukan bagi pemerintah maupun stakeholder dalam menganalisisisfaktor-faktor implementasi blended learningmatematikadi lembaga pendidikannya.Kata kunci : analisis faktor, implementasi, blended learning, matematika, sekolah dasar


Availability

2022019270mzaPD/sin MZA 2021Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/sin MZA 2021
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xv, 233 hlm. :ilus; 30cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this