Record Detail
Advanced SearchText
Model Pengembangan Pendidikan Penyidik PPA (Pelayanan Perempuan dan Anak) Berbasis Gender di Satuan Pendidikan Lemdiklat Polri / Halimah
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran berbicara bahasa Inggris dan peningkatan kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa melalui penerapan metode pembelajaran Community Langugae Learning Orai(CELLO). Penelitian ini didesain menggunakan penelitian tindakan model Ferrance (2000) yang terdiri dari enam langkah tindakan; identifikasi area masalah, mengumpulkan data, interpretasi data, tindakan berdasarkan pada data, evaluasi, dan tindak lanjut yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Sebanyak 27 mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan bahasa Inggris Universitas Suryakancana diambil sebagai partisipan. Data penelitian ini bersumber dari dosen dan mahasiswa yang diperoleh melalui hasil observasi dan tes dan dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada siklus 1 belum terjadi perubahan yang signifikan terhadap proses maupun hasil penerapan metode CELLO.Namun pada siklus 2 dan siklus 3 keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran meningkat dan mahasiswa lebih berani serta percaya diri berbicara bahasa Inggris. Nilai kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa juga meningkat. Nilai rata-rata mahasiswa sebesar 67 pada siklus 1 meningkat menjadi 76 pada siklus 2 dan menjadi 85 pada siklus 3. Secara klasikal, nilai mahasiswa meningkat dari 26% pada siklus 1 menjadi 89% pada siklus 2 dan 100% pada siklus 3. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas pembelajaran dan kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa berhasil ditingkatkan melalui metode pembelajaran CELLO. Oleh karena itu metode pembelajaran CELLOdisarankan untuk diterapkan pada pembelajaran berbicara bahasa Inggris dan pembelajaran lainnya seperti membaca dan menginterpretasi. Kata kunci: CELLO, metode, pembelajaran, berbicara, bahasa Inggris
Availability
2022019286hal | MP/sin HAL 2021 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
MP/sin HAL 2021
|
Publisher | Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
80 hlm. :ilus ; 21 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
MP/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available