No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran Bolavoli Berbasis Teaching Games For Undestanding (TGfU) Pada Anak Sekolah Dasar



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkanmodel pembelajaran bolavoli berbasis teaching games for understanding(TGfU) pada anak sekolah dasar di Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan diadopsi dari teori Borg & Gall. Subjek penelitian dalam model pembelajaran passingbolavoli yaitu siswa sekolah dasar kelas atas. Terdapat sepuluh langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kebutuhan, pembuatan produk awal, evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil, revisi produk, uji coba kelompok besar, revisi produk, uji efektivitas, revisi, dan produk akhir. Hasil validasi ahli pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga untuk passingbawah sebesar 77,08%, passingatas sebesar 81,25% sehingga dinyatakan produk dinyatakan valid. Hasil validasi ahli permainan bolavoli diperoleh untuk passingbawah sebesar 79,17% dan passingatas 83,33% sehingga sesuai dan mudah digunakan.Hasilvalidasi ahli pembelajaran gerak diperoleh 81,25% dan 79,17%., sehingga dinyatakan mudah dan dapat meningkatkan keterampilan passing bolavoli layak digunakan. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh80,73%menunjukkan kategori baik, hasil uji coba kelompok besar sebesar 81,10% dengan klasifikasi baik, dan hasil uji efektivitas memperoleh uji perbedaan reratapost-testpada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh t0 sebesar 3,386dan ttabel1,671dengan derajat bebas 60dan α = 0,05. Dengan demikian, t0 = 3,386> ttabel = 1,671atau H0ditolak.Implikasi penelitian ini adalah model pembelajaran bolavoli layak dan efektif untuk digunakan siswa sekolah dasar kelas atas.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, TGfU, Bolavoli, Sekolah Dasar


Availability

2022019291samPENJAS/sin SAM 2022Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PENJAS/sin SAM 2022
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
49 hlm. : ilus. ; 21 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PENJAS/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this