No image available for this title

Text

Evaluasi Implementasi Program Sekolah Adiwijaya Studi pada Sekolah Dasar di Kota Tanggerang Banten / Mahruf Budiharsojo



Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimanakah model evaluasi CIPP diterapkan di
program sekolah Adiwiyata yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Tanah Tinggi 3
dan Sekolah Dasar Islam Al Ikhlas Kota Tangerang. Penelitian evaluasi ini
menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Subyek
penelitian ini adalah penyelenggara Program Sekolah Adiwiyata. Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini menggunakan observasi, studi dokumentasi, dan wawancara. Uji
keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi sumber dan medote. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penyelenggaraan program sekolah adiwiyata telah berjalan dengan
baik sesuai dengan aspek yang dievaluasi. 1) Pada aspek evaluasi context telah berjalan
dengan baik sesuai dengan aspek yang dievaluasi; 2) Pada aspek input, bahwa
penyelenggaraan program sekolah adiwiyata telah menjalankan tanggungjawabnya; 3)
Pada aspek process, kegiatan perencanaan hingga evaluasi sudah berjalan sesuai
dengan rencana pelaksanaan kegiatan, hanya saja masih terdapat hambatan dan kendala
yang dihadapi dalam proses monitoring dan evaluasi; 4) Pada aspek product, tim
Adiwiyata telah mencapai tujuan program.
Kata kunci: Evaluasi Program, CIPP, Program Sekolah Adiwiyata.


Availability

2022019314mahMP/ sin MAH 2021Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/sin MAH 2021
Publisher Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
20 hlm. :Ilus; 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
MP/ sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this