Record Detail
Advanced SearchText
Evaluasi Implementasi Program Sekolah Adiwijaya Studi pada Sekolah Dasar di Kota Tanggerang Banten / Mahruf Budiharsojo
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimanakah model evaluasi CIPP diterapkan di
program sekolah Adiwiyata yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Tanah Tinggi 3
dan Sekolah Dasar Islam Al Ikhlas Kota Tangerang. Penelitian evaluasi ini
menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Subyek
penelitian ini adalah penyelenggara Program Sekolah Adiwiyata. Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini menggunakan observasi, studi dokumentasi, dan wawancara. Uji
keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi sumber dan medote. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penyelenggaraan program sekolah adiwiyata telah berjalan dengan
baik sesuai dengan aspek yang dievaluasi. 1) Pada aspek evaluasi context telah berjalan
dengan baik sesuai dengan aspek yang dievaluasi; 2) Pada aspek input, bahwa
penyelenggaraan program sekolah adiwiyata telah menjalankan tanggungjawabnya; 3)
Pada aspek process, kegiatan perencanaan hingga evaluasi sudah berjalan sesuai
dengan rencana pelaksanaan kegiatan, hanya saja masih terdapat hambatan dan kendala
yang dihadapi dalam proses monitoring dan evaluasi; 4) Pada aspek product, tim
Adiwiyata telah mencapai tujuan program.
Kata kunci: Evaluasi Program, CIPP, Program Sekolah Adiwiyata.
Availability
2022019314mah | MP/ sin MAH 2021 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
MP/sin MAH 2021
|
Publisher | Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
20 hlm. :Ilus; 21 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
MP/ sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available