No image available for this title

Text

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Kerja, Motivasi terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Karawang



Penelitianinibertujuan untuk membahas pengaruhkepemimpinan kepala sekolahbudaya kerja danmotivasi terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di Kabupaten Karawang.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhgurusekolahdasar di Kabupaten Karawang yangberjumlah8.813 orangdari926 sekolah. Metoda penelitian dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur (path analysis).Sampel penelitiannya adalah 399 gurusekolah dasardikabupaten Karawang.Hasil penelitianmenunjukkan: 1).Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,677 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,343. 2).Terdapat pengaruh langsung positif budaya kerja terhadap kinerja guru dengannilai koefisien korelasi sebesar 0,710 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,378. 3).Terdapat pengaruh langsung positif motivasi terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,682 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,302. 4) Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,502 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,310. 5) Terdapat pengaruh langsung positif budaya kerja dan motivasi terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,548 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,378. 6).Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan kepala sekolah dan budaya kerja terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,483 dan nilai koefisien jalur sebesar 11,007 7).Terdapat pengaruh tidak langsung kepemimpinanterhadap kinerja gurumelalui motivasi dengan Koefisien jalur(mediasi) pengaruh tidak langsung X1 terhadap Y melalui X3 sebesar 0,094 dengan nilai z (Sobel Test) sebesar . 8).Terdapat pengaruh tidak langsung kepemimpinan (X1) terhadap kinerja guru (Y) melalui budaya kerja (X2) dengan hasil Koefisien jalur (mediasi) pengaruh tidak langsung X1 terhadap Y melalui X2 sebesar 0,183 dengan nilai z (Sobel Test) sebesar .9).Terdapat pengaruh tidak langsung budaya kerjaterhadap kinerja gurumelalui motivasi. Koefisien jalur (mediasi) pengaruh tidak langsung X2 terhadap Y melalui X3 sebesar 0,121, dengan nilai z (Sobel Test) sebesar . Disarankankepadagurusekolahdasar diKabupatenKarawang agardalam meningkatkan kinerjaguru dapatmemperhatikan variabelkepemimpina kepalasekolah,budayakerjadanmotivasi yangbaik,karenadiyakinisebagai faktor yangdapatmendorongterciptanyakinerjaguruyangbaik.Katakunci:Kepemimpinan kepala sekolah, budayakerja, motivasi ,kinerjaguru.


Availability

2022019302utiMP/sin UTI 2022Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/sin UTI 2022
Publisher Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
43+...hlm.:ilus;21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
MP/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this