Record Detail
Advanced SearchText
Evaluasi Program Diklat Penguatan Pengawasan Sekolah dengan Sistem In on In : Penerapan model evaluaasi CIPP dan Kirkpatrick / Martono
Penelitianinidilakukan untukmengkajidanmengeksplorasiprogram diklat penguatanpengawassekolahdengan sistemin on in(in service lea rning I, on the job lea rning dan in service lea rning II)yangdikembangkanoleh DirektoratPembinaanTenaga Kependidikandalamrangka peningkatanprofesionalismepengawassekolah.Programdiklat penguatanpengawassekolah merupakansalahsatuprogramyangsangat pentingdanstrategisdalampeningkatankompetensi pengawas sekolah, yaitudimensikompetensi kepribadian,supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan,penelitian dan pengembangandankompetensi sosial,sebagaimana diamanahkandalamPermendiknasNo12tahun2007 tentangstandar kompetensipengawassekolah.Penelitianinimenggunakan dua modelevaluasi dalam mengevaluasiefektivitas programdiklat penguatan pengawas sekolah, yaitu“ModelEvaluasiCIPP (context, input, procces, product) dan Kirckpatrick”.Sampel peserta programdiklatpenguatan pengawas sekolah sebanyak80orangpengawas sekolah di provinsi DIY.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdan kualitatifdalammenjawabpertanyaanpenelitian.Untukmenjawab pertanyaan penelitian evaluasi input, procces dan product menggunakan deskriptif kuantitatifdan kualitatif, begitu pula untuk menjawab pertanyaan penelitian evaluasi level 1, level 2, level 3 danlevel 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari evaluasi konteks, materi diklat sangat sesuai denganpekerjaan sehari-hari pengawas sekolah. Hasil penelitian pada evaluasi input menunjukkan bahwa darimedia pembelajaran sudah siap sesuai dengan kebutuhan, bahan ajar sudah siap dan sudah sesuai denganmata diklat dan yang disampaikan fasilitator,kualitas materi pelatihan sudah sangat baik dan sesuaidengan modul, sedangkan dari aspek sumber daya manusia sudah sesuai dengan yang dipersyaratkan.Evaluasi level 1 menunjukkankepuasanpeserta terhadappenyelenggaraan programdengan tingkatkeaktifan dalam pembelajaran peserta diklat penguatan Pengawas Sekolah di Yogyakarta termasukkategori sangat tinggi.Pada level2pembelajaraan,telahmenunjukkanefektivitas programdiklatterutama dalampeningkatanpengetahuanpeserta dalamsemua mata diklat.Padalevel3Kirckpatrick,dimensiperilaku menunjukkan bahwa pengawas sekolahlebih percaya diri dalam membimbing guru dankepala sekolah. Sedangkan pada level 4 menunjukkan bahwa diklat penguatan pengawas sekolah dengansitemin oninini memberikan dampak yang positif.Secarakeseluruhan,kedua modelevaluasi“CIPPdanKirckpatricktelahmenemukankemanfaatanhasil program diklat penguatan pengawas sekolahdengan sistemin on in.Katakunci:Evaluasi,Diklat,Pengawas Sekolah,Kirckpatrick,CIPP.
Availability
2022019365mar | PEP/sin MAR 2020 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PEP/sin MAR 2020
|
Publisher | Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta., 2020 |
Collation |
36 hlm.: Ilus; 21cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PEP/sin MAR 2020
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available