Record Detail
Advanced SearchText
Pembelajaran Menulis Bahasa Indonesia: Penelitian etnografi di SMA Negeri 1 Cipanas, Lebak / Reni Nur Eriyani
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang lebih detail tentang pembelajaran menulis bahasa Indonesia di SMAN 1 Cipanas Kabupaten Lebak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Data dikumpulkan dengan melalui studi dokumentasi, observasi, rekaman, catatan lapangan, dan wawancara. Temuan yang didapatkan dari hasil penelitian ini yaitu pertama, kurikulum yang digunakan kurikulum 2013. Kedua, tujuan pembelajaran menulis yang disusun berbasis HOTS dengan tujuan agar siswa terampil menulis dalam berbagai teks yang disesuaikan dengan amanat kurikulum. Ketiga, materi pembelajaran menulis menggunakan model autentik dan konstekstual. Materi berasal dari tulisan guru, siswa lain yang sudah berhasil mendapatkan penghargaan, dan juga dari peer tutor. Keempat, pendekatan utama yang digunakan berbasis pada pedagogical genre based. Kelima, evaluasi yang dilakukan berbasis proses dan produk dengan mengacu pada ranah kognitif HOTS. Guru melakukan evaluasi proses danhasil yang kemudian dijadikan acuan untuk refleksi proses pembelajaran berikutnya. Keenam, lingkungan kebahasaan yang dimunculkan di sekolah memberikan dan mendorong siswa untuk secara aktif berlatih dan menghasilkan karya tulis.Kata Kunci:Pembelajaran menulis, genre teks, Etnografi
Availability
2022019362ren | LT/sin REN 2021 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
LT/sin REN 2021
|
Publisher | Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
20 hlm.:ilus ; 21 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
LT/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available