No image available for this title

Text

Pembelajaran Menulis Bahasa Indonesia: Penelitian etnografi di SMA Negeri 1 Cipanas, Lebak / Reni Nur Eriyani



Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang lebih detail tentang pembelajaran menulis bahasa Indonesia di SMAN 1 Cipanas Kabupaten Lebak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Data dikumpulkan dengan melalui studi dokumentasi, observasi, rekaman, catatan lapangan, dan wawancara. Temuan yang didapatkan dari hasil penelitian ini yaitu pertama, kurikulum yang digunakan kurikulum 2013. Kedua, tujuan pembelajaran menulis yang disusun berbasis HOTS dengan tujuan agar siswa terampil menulis dalam berbagai teks yang disesuaikan dengan amanat kurikulum. Ketiga, materi pembelajaran menulis menggunakan model autentik dan konstekstual. Materi berasal dari tulisan guru, siswa lain yang sudah berhasil mendapatkan penghargaan, dan juga dari peer tutor. Keempat, pendekatan utama yang digunakan berbasis pada pedagogical genre based. Kelima, evaluasi yang dilakukan berbasis proses dan produk dengan mengacu pada ranah kognitif HOTS. Guru melakukan evaluasi proses danhasil yang kemudian dijadikan acuan untuk refleksi proses pembelajaran berikutnya. Keenam, lingkungan kebahasaan yang dimunculkan di sekolah memberikan dan mendorong siswa untuk secara aktif berlatih dan menghasilkan karya tulis.Kata Kunci:Pembelajaran menulis, genre teks, Etnografi


Availability

2022019362renLT/sin REN 2021Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/sin REN 2021
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
20 hlm.:ilus ; 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this