No image available for this title

Text

Model Materi Ajar Bahasa Jepang untuk Tujuan Khusus Pariwisata dengan Pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL):Penelitian pengembangan di Program Studi MAnajemen Pemasaran Pariwisata FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia / Juju Juangsih



ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi adanya ketidakpuasan mahasiswa terhadap materi ajar bahasa Jepang pada Mata Kuliah Pengantar Bahasa Jepang Pariwisata yang digunakan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah model materi ajar bahasa Jepang untuk tujuan khusus pariwisata dengan pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL). Dari tujuan penelitian tersebut, penelitian ini memfokuskan pada: kebutuhan materi ajar bahasa Jepang pariwisata, materi ajar bahasa Jepang pariwisata yang digunakan saat ini, desain materi ajar bahasa Jepang pariwisata, kelayakan materi ajar dan efektifitas materi ajar bahasa Jepang pariwisata. Metode penelitian yang digunakan metode campuran kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan R&D. Lama waktu penelitian yaitu 3 semester, yang dilakukan pada setiap semester genap tahun ajaran. Tempat dilakukannya penelitian yaitu di Program Studi Manajemen Pemasaran Pariwisata FPIPS UPI dengan responden penelitiannya adalah mahasiswa Prodi Manajemen Pemasaran Pariwisata angkatan 2017/2018, 2018/2019 dan 2019/2020 yang mengontrak Mata Kuliah pengantar Bahasa Jepang Pariwisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten materi ajar yang dibutuhkan adalah konten yang berhubungan dengan bidang pariwisata dan materi ajar bahasa Jepang untuk tujuan khusus pariwisata yang digunakan selama ini belum sesuai dengankebutuhan mahasiswa. Luaran penelitian ini berupa model materi ajar yang telah mengalami perubahan sebanyak tiga kali, yaitu draft 1, draft2 dan draft 3/final. Kelayakan model materi ajar didapat dari rekan sejawat dan pakar bahasa, dan hasil uji efektifitas model materi ajar menggunakan rumus N-Gain yang menunjukkan bahwa model materi ajar yang dibuat mempunyai tingkat efektifitas yang tinggi. Penelitian ini mempunyai keterbatasan dalam hal pengambilan data dari stakeholder dan keberagaman konten. Sehingga ke depannya perlu dilakukan wawancara atau penyebaran angket kepada stakeholder berkenaan tema-tema materi ajar yang dibutuhkanKata kunci: Bahasa Jepang untuk Tujuan Khusus Pariwisata, CLIL, Model Materi Ajar, JSP, JF Can-do A1


Availability

2022019358jujLT/sin JUJ 2021Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/sin JUJ 2021
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
23 cm.:ilus ; 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this