Record Detail
Advanced SearchText
Model Evaluasi Program Pendidikan Standardisasi di Badan Standardisasai Nasional / Perdana Afif Luthfy
Badan Standardisasi Nasional (BSN) merupakan lembaga negara dengan tugas pokok mengembangkan dan membina kegiatan standardisasi di Indonesia. Permasalahan pada pengembangan pendidikan standardisasi di Indonesia, yaitu: (1) Sosialisasi dan implementasi belum cukup berhasil dilakukan di lingkungan pendidikan tinggi, (2) Berbagai strategi yang dilakukan agar pendidikan standardisasi dapat diimplementasikan di dunia pendidikan formal maupun nonformal belum berhasil dilakukan. Fokus Penelitian ini pada Evaluasi Implementasi Program Pendidikan Standardisasi, dengan subfokus; (1) landasan perumusan program pendidikan standardisasi; (2) perencanaan pendidikan standardisasi; (3) pelaksanaan pendidikan standardisasi; (4) hasil pendidikan standardisasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti sendiri sebagai key instrument. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dalam alur kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BSN telah melaksanakan berbagai aspek yang dievaluasi yaitu; (1) aspek konteks, berupa adanya landasan perumusan program, yang meliputi landasan kebijakan, arah dan strategi kebijakan; (2) aspek input, berupa adanya perencanaan, yang meliputi sumber daya manusia, kurikulum, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi; (3) aspek proses, berupa pelaksanaan, yang meliputi sosialisasi, pembelajaran, kerjasama, distribusi sumberdaya, monitoring, evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut; dan (4) aspek produk, berupa hasil pendidikan standardisasi, yang meliputi capaian dan manfaat. Rekomendasi yang dapat dilakukan dalam mengembangkan Pendidikan Standardisasi di BSN: (1) Landasan perumusan program memerlukan penajaman dan elaborasi agar adaptif dengan perkembangan trend standardisasi pendidikan internasional; (2) kurikulum dan buku referensi perlu dilakukan penyesuaian dengan teknologi informasi; (3) Pelaksanaan monitoring dan evaluasi perlu melibatkan organisasi profesi dan dunia perguruan tinggi; (4) Perlu dilakukan penelitian dan survei nasional dengan responden lulusan dari mata kuliah standardisasi.Kata kunci: model evaluasi, pendidikan standardisasi, BSN
Availability
2022019348per | MP/sin PER 2022 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
MP/sin PER 2022
|
Publisher | Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta., 2022 |
Collation |
30 hlm: Ilus ;21 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
MP/sin PER 2022
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available