Record Detail
Advanced SearchText
Kinerja Guru Sekolah Dasar ditinjau dari Motivasi Berprestasi
Kinerja guru seringkalin dikaitkan dengan motivasi untuk berprestasi, termasuk guru sekolah dasar negeri (SDN). Namun, hal tersebut sangat dipengaruhi oleh kondisi guru dan permasalah yang dihadapi, sehingga perlu adanya kajian yang jelas terkait seperti apa dan bagaimana keteraitan kinerja guru dan motivasi berprestasi serta faktor-faktor yang terkait pada guru SDN. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubunganmotivasi dan kinerja guru serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru SDN. Penelitian ini dilakasnakan di SDN Kecamatan Banyumanik dengan jumlah sampel 162 orang guru. Metode penelitian adalah mixed method: sequential exploratory design dengan model qualitative research: ex post facto survey methoddilanjutkan analisisdengan teknik structural equation modelling(SEM). Motivasi berprestasi diukur menggunakan angket penilaian mandiri, sedangkan kinerja guru diukur menggunakan lembar observasi yang dinilai oleh observer independen. Hasil penelitian menjunjukan bahwa motivasi guru secara signifikan direfleksikan oleh indikatorbervisi dan bertujuan berkarir yang kompetitif; berintegritas dan beretos kerja tinggi; rasional dalam bekerja; bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas; dan menerima kritik dan saran. Sedangkan kualitas kerja secara signifikan direfleksikan oleh:menciptakan pembelajaran berkualitas; mengelola kelas secara kondusif; menguasai materi pembelajaran; produk dan administrasi pembelajaran; dan kemampuan sosial dan aktualisasi diri. Meskipun demikian motivasi berprestasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru SDN di Kecamatan Banyumanik.Hal tersebut karenaguru terbebani dengan pekerjaan administratif danmenyelesaikan tanggung jawab mengajar dengan materi yang masif daripada meningkatkan prestasi. Fakta dilapangan juga menunjukkan bahwa, beban pekerjaan, perubahan kurikulum dan menyelesaikan administrasi pembelajaran justru memoderasi pelemahan motivasi berprestasi. Berdasarkan hasil penelitian, strategi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengaturan tugas pokok dan fungsi, meminimalisir tanggungjawab diluar mengajar, dan perbaikan implementasi kurikulum. Penelitian ini menunjukkan faktor esternaldianggap sebagai varaiabel dominan yang mempengaruhi kinerja guru, sehingga berimplikasi untuk dijadikan dasar dalam meneliti lebih lanjut terkait variabel-variabel yang mempengaruhi kinerja guru SDN.
Kata kunci: Kinerja guru, motivasi berprestasi dan Sekolah Dasar.
Availability
2022019403muh | PD/sin MUH 2021 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/sin MUH 2021
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
25 hlm. : ilus. ; 21 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available