No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran Mandiri untuk Peningkatan Kompetensi Tata Kelola dan Manajemen Modern Bagi Kandidat dan Pimpinan Aktif Perguruan Tinggi di Indonesia / Richardus Eko Indrajit



Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk bahan pembelajaran mandiriuntuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan profesional bagi kandidat dan pimpinan aktif perguruan tinggi di Indonesia. Bahan pembelajaran yang dikembangkan berupa produk fisik(buku cetak), produk elektronik (modul e-learningberbasis SCORM), dan produk digital (aplikasi Computer-Based Training). Metodologi yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Step of System Approach Model of Educational Research and Developmentyang kombinasikan dengan Model Pengembangan Borg & Gall. Sejumlah konsep dan model diadopsi pada tahap penyusunan strategi instruksional dan bahan pembelajaran, seperti: Kemp Model, Kirkpatrick Model, Gerlach and Ely Model, TPACK Model, Backward Design,Rapid Instructional Model, dan Spiral Model. Pengembangan bahan ini telah melalui serangkaian evaluasi formatif, dimana terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan, yaitu:evaluasi one-to-onedengan sejumlah pakar, evaluasi one-to-onedengan calon peserta didik, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Evaluasi para pakar memberikan nilai SANGAT BAIK terhadap bahan pembelajaran yang dikembangkan, dengan masing-masing nilai sebagai berikut: pakar desain instruksional memberikan nilai 4,36/5,00 (15 aspek), pakar konten dan materi 4,30/5,00 (10 aspek), pakar grafis dan multimedia 4,25/5,00 (8 aspek), pakar bahasa dan komunikasi 4,36/5,00 (10 aspek), dan pakar webdan softwarepembelajaran 4,13/15,00 (8 aspek).Sementara calon peserta didik memberikan nilai 8,36/10,00 dan hasil uji lapangan yang melibatkan 68 kampus mewakili 34 provinsi di Indonesia memberikan nilai 8,41/10,00. Efektivitas produk diperlihatkan dengan hasil asesmen mandiri yang dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran mandiri, yang terlihat dengan adanya peningkatan kompetensi sebesar 41%.
Kata Kunci: bahan pembelajaranmandiri, steps of systems approach model


Availability

2022019436ricTP/sin RIC 2021Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/sin RIC 2021
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
126 hlm. : ilus. : 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this