Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar Mahasiswa Prodi PAI FITK UIN Raden Fatah Palembang / Muhammad Isnaini
Penerapan model discovery learning dan inquiry learningserta kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran dapat meningkatan hasil belajar, oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan berpikir kritisTerhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar Mahasiswa PAI FITK UIN Raden Fatah Palembang. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Agama Islam FITK UIN Raden Fatah Palembang Tahun Akademik 2019/2020. Pengujian hipotesis menggunakan ANAVAdengan metode quasi eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Hasil belajar mata kuliah pengembangan media dan sumber belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learninglebih tinggidibandingkan dengan kelompok mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning; 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar mata kuliah pengembangan media dan sumber belajar; 3) Hasil belajar mata kuliah pengembangan media dan sumber belajar antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran discovey learning lebih tinggidibandingkan dengan kelompok mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Inquiry Learningpada mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi; 4) Hasil belajar mata kuliah pengembangan media dan sumber belajar antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learninglebih kecil dan kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Learningpada mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Karena itu penggunaan model pembelajaran discovery learning dan inquiry learning keduanya mempunyai interaksi terhadap hasil belajar pada kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah.
Kata Kunci: Inquiry Learning, Discovery Learning, Keterampilan Berpikir Kritis
Availability
2022019433muh | TP/sin MUH 2020 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/sin MUH 2020
|
Publisher | Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2020 |
Collation |
51 hlm. : ilus. ; 21 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available