No image available for this title

Text

Pengembangan Sistem Penilaian Kompetensi Profesional Guru Berbasis Elektronik di Fakultas Ilmu Pendidikan, Universotas Pelita Harapan



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem penilaian kompetensi profesional guru berbasis elektronik di Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pelita Harapan dalam program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan pendidikan dari Gall, Gall, dan Borgedisi ke-8 yaitu Steps of System Approach Model of Educational Research and Developmentyang mengadopsi model Systematic Designof Instructiondari Dick, Carey, & Carey.Sistem penilaian kompetensi profesional guru berbasis elektronik ini memiliki tiga bentuk penilaian yaitu on-screen testing, e-portofolio, dan e-report. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan guru pamong sebagai penilai, dilatih mengenai cara menggunakan sistem penilaian ini khususnya e-portfolio dan e-report. Sistem penilaian dan pelatihan DPL dan guru pamong menggunakan LMS Moodle. Hasil analisis data berdasarkan evaluasi formatif menyatakan bahwa (1) DPL dan guru pamong memiliki pemahaman yang cukup baik mengenai sistem penilaian berbasis elektronik, (2) DPL dan guru pamong mampu menggunakan sistem penilaian kompetensi profesional guru berbasis elektronik, terbukti dari hasil belajar mereka yang meningkat sebelum dan sesudah menggunakan sistem penilaian ini saat pelatihan. Pada evaluasi field trial, menunjukkan hasil nilai rata-rata pre pre tes 7,37 dan pos tes 14,77, (3) DPL dan guru pamong memiliki respon positif terhadap implementasi sistem penilaian berbasis elektronik ini. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa sistem penilaian yang dihasilkan layak, efektif dan relevan digunakan.Temuan dari penelitian ini menghasilkan rekomedasi antara lain bagi DPL dan guru pamong dapat terbiasa dengan sistem penilaian berbasis elektronik apalagi dalam masa pandemi Covid-19 yang melakukan pembelajaran dari rumah. Sistem penilaian berbasis elektronik ini juga terbuka untuk dikembangkan oleh dosen dan guru di kampus dan sekolah lain secara kreatif dan variatif dengan menggunakan berbagai platform penilaian berbasis elektronik yang dapat mengukur tujuan pembelajaran.
Kata kunci: E-portofolio, e-report, kompetensi profesional guru, Moodle, penilaian berbasis elektronik


Availability

2022019432pinTP/sin PIN 2022Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/sin PIN 2022
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
28 hlm. : ilus. ; 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this