No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Sekolah Berbasis Augmented Reality bagi Mahasiswa Keguruan Pendidikan Fisika / Rudi Haryadi



Masalah utama dalam pembelajaran pada mahasiswa keguruan pendidikan fisikaadalah masih rendahnya daya serap mahasiswa terhadap materi mata kuliah fisika sekolah.Proses pembelajaran ditemukan beberapa permasalahan di antaranya yaitu: (1)ketersediaan model pembelajaran masih menggunakan diskusi sehingga mahasiswa belum atau kurangaktifdalam proses pembelajaran, (2) penggunaan model pembelajaran masih menggunakan media power point, buku ajar, modul dan alat peraga, (3) hasil evaluasi pembelajaran Higher-Order Thinking Skillspada mata kuliah Fisika Sekolah selama 5 tahun terakhir (2016-2020) rata-rata masih 52.Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu:(1) mengembangkan model pembelajaran fisika sekolahberbasis augmented realitypada mahasiswa keguruan pendidikan fisika, (2) mendeskripsikan kelayakanpenggunaanmodel pembelajaran fisika sekolahberbasis augmented realitypada mahasiswa keguruan pendidikan fisika, (3) mendeskripsikan keefektifanmodel pembelajaran fisika sekolahberbasis augmented realitypada mahasiswa keguruan pendidikan fisika.Signifikansi penelitian ini dapat dijadikan acuan sebagaimodel pembelajaran untuk mahasiswa maupun jenjang pendidikan yang lain. Novelty penelitian ini yaitu model pembelajaran fisika sekolah yang berbasis augmented realityyang dapat digunakan sebagai pedoman pembelajaran dan juga media yang inovatif. Metode penelitianinimenggunakan jenis penelitiandanpengembangan (research and development). yang digunakan untuk menghasilkan produk, menguji kelayakan dan keefektifan produk. Metode R & Dyang digunakan dalam penelitian ini adalah metode intruksionaldari Dick & Carey. Hasil ujikelayakan menunjukkan bahwa model pembelajaran fisika sekolahberbasisaugmentedrealitybagi mahasiswa keguruan pendidikan fisikalayak digunakan dalam proses pembelajaran. Sehingga selanjutnya model pembelajaran fisika sekolahberbasisaugmentedrealitybagi mahasiswa keguruan pendidikan fisikadapat dilakukan uji efektivitas. Populasi dalam uji efektivitasyaituseluruhmahasiswakeguruanpendidikanfisikasemesterIIIpadaUniversitasSultanAgeng Tirtayasa Tahun Ajaran 2020/2021. Sampel yang dipakai dalampenelitianinisebanyak30mahasiswadenganmetodepurposivesampling.BerdasarkanhasilN-Gainsebesar0,5dapatdikatakanbahwapembelajaran melalui model pembelajaran fisika sekolahberbasisaugmentedrealitybagi mahasiswa keguruan pendidikan fisikadinyatakanefektif. Hasil belajar yang diukur merupakan kemampuan higher order thinking skills.
Katakunci:modelpembelajaran, fisika sekolah, augmented reality, pendidikan fisika, higher orderthinking skills.


Availability

2022019430rudTP/sin RUD 2021Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/sin RUD 2021
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
45 hlm. : ilus. ; 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this