No image available for this title

Text

Program Pembelajaran Sejarah Lokal di Perguruan Tinggi



Sejarah lokal memiliki kegunaan edukatif, kegunaan inspiratif, kegunaan rekreatif dan kegunaan instruktiF. Sejarah lokal juga berguna merangsang mahasiswa untuk lebih mencintai daerahnya dan menumbuhkan cinta akan sejarah bangsanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana prosedur perencanaan program pembelajaran sejarah lokal pada program studi Pendidikan Sejarah Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka, mengevaluasi permasalahan yang melingkupi program pembelajaran sejarah lokal dan menyusun upaya yang dapat dilakukan bagi perbaikan program pembelajaran sejarah lokal. Penelitian menggunakan metode illmuninative dengan pendekatan mix method. Wawancara dan observasi dilakukan kepada 50 mahasiswa yang sudah mengambil pembelajaran sejarah lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hanya 12% yang mampu menguasai dan mengerti makna pembelajaran sejarah lokal. Hal tersebut, menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah lokal belum mencapai learning outcome. Hal ini mengindikasikan proses pembelajaran sejarah lokal di program studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka belum maksimal. Hasil penelitian dapat menjadi acuan untuk melakukan evaluasi dan perubahan metode pembelajaran kepada pengajar. Kata kunci : EvaluasiProgram, Pembelajaran dan Sejarah Lokal


Availability

2022019451jumTP/sin JUM 2021Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/sin JUM 2021
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
46 hlm. :ilus : 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this