No image available for this title

Text

Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Kontroversial pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMA Labschool Jakarta / M. Fakhruddin



Tujuan dari penelitian ini adalah untukmelakukan evaluasi program pembelajaran sejarah kontroversial di SMA Labschool Jakarta yang meliputiaspekantecedents(perencanaan), transaction(proses) dan outcomes (hasil). Metode penelitian yang digunakan adalah metode evaluasi program berdasarkan model Stake dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan aspekantecedents yangmeliputi kebijakan program, tujuan program, kurikulum, bukupelajaran, sarana prasarana, dan kompetensi guru, menunjukkan bahwa secara umum sangat sesuai standar program. Aspektransactionyang meliputiperencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaianpembelajaran sudah menunjukkan sangat sesuai dengan standar program.Aspek outcomesyaitu hasil pembelajaran sangat baik sesuai standar proses yang meliputi penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik.Berdasarkan hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa program pembelajaran sejarah kontroversial dapat dilanjutkan dengan beberapa saran perbaikan.Kata kunci :evaluasi program, pembelajaran sejarah, sejarah kontroversial


Availability

2022019449mfaTP/sin MFA 2021Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/sin MFA 2021
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
28 hlm. :ilus ; 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/sin MFA 2021
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this