Record Detail
Advanced SearchText
Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Kontroversial pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMA Labschool Jakarta / M. Fakhruddin
Tujuan dari penelitian ini adalah untukmelakukan evaluasi program pembelajaran sejarah kontroversial di SMA Labschool Jakarta yang meliputiaspekantecedents(perencanaan), transaction(proses) dan outcomes (hasil). Metode penelitian yang digunakan adalah metode evaluasi program berdasarkan model Stake dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan aspekantecedents yangmeliputi kebijakan program, tujuan program, kurikulum, bukupelajaran, sarana prasarana, dan kompetensi guru, menunjukkan bahwa secara umum sangat sesuai standar program. Aspektransactionyang meliputiperencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaianpembelajaran sudah menunjukkan sangat sesuai dengan standar program.Aspek outcomesyaitu hasil pembelajaran sangat baik sesuai standar proses yang meliputi penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik.Berdasarkan hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa program pembelajaran sejarah kontroversial dapat dilanjutkan dengan beberapa saran perbaikan.Kata kunci :evaluasi program, pembelajaran sejarah, sejarah kontroversial
Availability
2022019449mfa | TP/sin MFA 2021 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/sin MFA 2021
|
Publisher | Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta., 2021 |
Collation |
28 hlm. :ilus ; 21 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/sin MFA 2021
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available