Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran di Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu model pembelajaran pada mata kuliah strategi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Model pembelajaran ini menggunakan multimedia interaktif dan bahan ajar cetak sebagai sistem pendukung untuk pelaksanaan sintaks pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan langkah pengembangan Step of SystemsApproach Model of Educational Research andDevelopment Borg and Gallyang dikombinasikan dengan model pengembangan Alessi Trollip dan Rowntree. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas semester III yang mengikuti mata kuliah strategi pembelajaran. Pengembangan model pembelajaran ini telah melalui tahapan evaluasi formatif dimana terdapat beberapa langkah yang dilakukan. Evaluasi para ahli melibatakan ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli model pembelajaran, ahli multimedia, ahli media cetak dan ahli bahasa dengan skor rata-rata keseluruhan 80,03yang termasuk dalam kategori layak. Uji coba perseorangan atau one-to one evaluationdilakukan kepada tiga orang mahasiswa yang memperoleh skor rata-rata 81,66 dengan kategori baik. Small group evaluationdilakukan pada 9 orang mahasiswa dengan perolehan skor rata-rata 90,00 yang termasuk dalam kategori sangat baik.Tahap uji coba di kelas sebenarnyadiuji dengan menggunakanUji-t sampel berpasangan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik pada hasil belajar mahasiswa. Sebelum perlakuan diperoleh nilai pre-test60,72 dan post-test72,18 yang berarti terdapat kenaikan sebesar 12%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini masih terbatas pada mata kuliah strategi pembelajaran dan beberapa materi saja sehingga perlu dikembangkan pada materi lain dan perlu diujicobakan lebih luas.Kata kunci: Pengembangan, Model Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Strategi Pembelajaran.
Availability
2022019447hen | TP/sin HEN 2022 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/sin HEN 2022
|
Publisher | Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2022 |
Collation |
33 hlm.: ilus ; 21 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available