Record Detail
Advanced SearchText
Pengelolaan Blog Kolaboratif untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa / Wijaya Kusumah
Penelitian ini bertujuan pengelolaan blog kolaboratif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakankolaboratif atau Collaborative Action Research(CAR). Jumlah siswa yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 236 orang dengan jumlah guru sebanyak 4 orang. Proses pembelajaran dilakukan sebanyak 4 siklus, dari tanggal 1 September 2020 sampai dengan 21Juni 2021. Pada penelitian CAR ini, peneliti melaksanakan tindakan perbaikan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa melalui pengelolaan blog dengan cara memberikan tugas TIK yang diposting di blog dan mendapatkan komentar dari guru sehingga tercipta kolaborasi antara guru dan siswa. Semua itu dicatat dan dianalisis dalam siklus pertama hingga keempat. Guru memberikan contoh menulis yang baik di blog dan memberikan komentar yang positif pada blog siswa sehingga mereka merasa tulisannya dihargai dan diapresiasi. Penilaian dilakukan dengan membaca tulisan siswa berdasarkan rubrik penilaian yang disiapkan oleh guru Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan blog kolaboratif dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Juga menimbulkan rasa percaya diri siswa untuk menulis di blog yang dapat dibaca banyak orang di seluruh dunia. Blog siswa yang dulunya sepi menjadi ramai dengan tulisan tugas-tugas siswa.Kata kunci: Blog, Collaborative Action Research, dankolaborasi
Availability
2022019455wij | TP/sin WIJ 2022 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/sin WIJ 2022
|
Publisher | Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2022 |
Collation |
33 hlm.;ILus : 21 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available