Record Detail
Advanced SearchText
Evaluasi Implementasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara / Jumadi
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan, mengungkap fakta, memperoleh temuan empiris dan menghasilkan rekomendasi berupa Pedoman Implementasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara yang difokuskan pada konteks, masukan, proses, dan hasil. Permasalahan yang dihadapi oleh SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara dalam implementasi Program Pendidikan Karakter adalah masih belum optimal fungsi supervisi, monitoring dan evaluasi sebagai pengendali mutu dan belum maksimal antara program dan proses dengan realisasi di lapangan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Pendidik/Guru, Tenaga Kependidikan, Peserta Didik, dan Ketua Komite Sekolah. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah, perwakilan guru, dan ketua komite sekolah. Waktu penelitian dari bulan Januari – Juni 2019. Uji keabsahan kualitas data dilakukan melalui triangulasi data, sumber, metode dan waktu. Hasil penelitian evaluasi konteks yang mencakup visi dan misi, program, tujuan program dibandingkan dengan kriteria yang ditetapkan menunjukkan hasil amat baik, untuk evaluasi masukan yang mencakup strategi program, desain program, rencana program pendidikan karakter, dan kesiapan sumber daya dibandingkan dengan kriteria evaluasi yang digunakan menunjukkan hasil amat baik, untuk evaluasi proses yang mencakup pelaksanaan program pendidikan karakter dibandingkan dengan kriteria evaluasi yang digunakan sudah berjalan dengan amat baik, demikian juga untuk evaluasi hasil yang mencakup hasil capaian dan dampak capaian program dibandingkan dengan kriteria evaluasi yang digunakan juga menunjukkan hasil amat baik. Dari hasil evaluasi secara keseluruhan, maka program dapat dilanjutkan karena pelaksanaan program menunjukkan bahwa seluruh aspek sudah berjalan sesuai tujuan dan harapan serta memberikan hasil dan manfaat, bahkan program perlu disebarkan di tempat lain karena program tersebut sudah berhasil dengan amat baik. Kata kunci: evaluasi, implementasi, program, pendidikan karakter, dan CIPP
Availability
2022019459jum | MP/sin JUM 2022 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
MP/sin JUM 2022
|
Publisher | Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2022 |
Collation |
44 hlm. :ilus; 21 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
MP/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available