No image available for this title

Text

Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Pendekatan Konteksual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mahasiswa PGMI



Bahan ajar matematika yang efektif dapatmeningkatkan kemampuan pemecahan masalah sangat terbatas. Bahan ajar yang selama ini digunakan pada pembelajaran matematika lebih banyak mengembangkan kemampuan yang bersifat hafalan dan pengetahuan saja. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar matematika yang fokus untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa PGMI di kota Metro Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadapatasi desain pembelajaran Dick and Carey dan model pengembangan Borg and Gall.Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), tes, wawancara, dan observasi. Data yang berkaitan dengan saran ahli, hasil observasi, dan wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif dan statistic deskriptifData hasil validasi ahli dianalisis dengan menggunakan rumus Content Validity Ratio(CVR), dan hasil tes dianalisis menggunakan statistic inferensial.Temuanpenelitian ini adalah1) menghasilkan bahan ajar matematika berbasis pendekatan kontekstual yang layak menurut penilaian ahli dan praktisi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Kelayakan tersebut meliputi aspek isi, penyajian, bahasa, dan pendekatankonsetkstual;2) Bahan ajar matematika berbasis pendekatan kontekstual terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah; dan 3) Bahan ajar matematika berbasis pendekatan kontekstual praktis digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Temuan tersebut mengarah pada rekomendasi untuk menggunakan bahan ajar ini sebagai alternatif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan melakukan penelitian lanjutan yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi sebagai upaya membangun generasi yang lebih berkualitas.
Kata Kunci: Bahan ajar matematika, pendekatan kontekstual, pemecahan masalah, validitas, efektivitas, kepraktisan.


Availability

2022019417sitPD/ sin SIT 2020Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/sin SIT 2020
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
51 hlm. : ilus. ; 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this