No image available for this title

Text

Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Media Komik Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa Sekolah Dasar



Tujuan Penelitian iniuntukmenghasilkan produk bahan ajarmatematika berbasismedia komik digital dalam rangka meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa sekolah dasar. Metode penelitianini adalah Research and Development (R and D) yang dilakukan dengan mengadaptasi,memadukan dari pengembangan Borg and Gall dan Model Pengembangan Instruksional (MPI). Tahapan dalam pengembangan ini terdiri dari studi pendahuluan, pengembangan, validasi,ujicoba dan implementasi. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, angket, tes dan observasi. Kelayakan bahan ajar merujuk pada hasil penilaian teman sejawat, penilaian ahli, uji coba intrumen, uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil dan uji coba efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)diperlukannya pengembangan bahan ajar matematika yang didesain sesuai dengan kebutuhan siswa. (2) Langkah-langkahpengembangan bahan ajar matematika terdiri dari menuliskan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar; merumuskan indikator pembelajaran; merumuskan tujuan pembelajaran; merumuskan materi bangun ruang kubus secara terperinci; membuat alat pengukur keberhasilan; menulis naskah media yang meliputi pemilihan karakter, perancangan panel layout (storyboard), perancangan tampilan, tahap digitalisasi, (3) uji kevalidanbahan ajar yang dikembangkan diuji oleh beberapa tim ahli diantaranya ahli materi, desain grafis, Bahasa dan teman sejawat(4) uji efektivitas bahan ajar matematika menggunakan uji N-Gain untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa dan uji-t di gunakan untuk mengetahui perbedaan penggunaan bahan ajar yang dikembangkan. Secara utuh, peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dibutuhkan bahan ajarberbasis media digital yang disesuaikan dengan perkembangan siswa saat ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika.
Kata kunci: Bahan Ajar, KomikDigital, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika


Availability

2022019426ridPD/sin RID 2021Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/sin RID 2021
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
62 hlm. : ilus. ; 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this