No image available for this title

Text

Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Narasi : Studi eksperimen pada siswa kelas IV SD Negeri Gugus V Wilayah Jakarta Selatan Tahun Ajaran 2016/2017



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas IV di wilayah Jakarta Selatan Provinsi DKI Jakarta. Desain penelitian ini menggunakan faktorial 2X3 yaitu desain penelitian eksperiment yang terdapat tiga variabel penelitian. Variabel penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas dan satu variabel moderator, variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran, sedangkan variabel moderator padapenelitian ini adalah motivasi belajar yang terdiri dari motivasi belajar tinggi (B₁) dan motivasi belajar rendah (B₂). Sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan menulis narasi. Penelitian ini diberi perlakuan dalam enam kelas sebagai sampel penelitian, yaitu dua kelas menggunakan model pembelajaran scaffolding, dua kelas menggunakan model pembelajaran partisipatif dan dua kelas lagimenggunakan model pembelajaran discovery learning. Perlakuan pembelajaran diberikan 6kali pertemuan dengan kisaran 90 menit. Temuan hasil penelitian menunjukkanbahwa kemampuan menulis narasi siswa yang diajarkan model pembelajaran scaffoldinglebih tinggi jika dibandingkan dengan kemampuan menulis narasi siswa yang diajarkan dengan modelpembelajaran partisipatif ataupun model discovery learning. Kemudian terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis narasi, hal ini terlihat dari hasil kemampuan menulis narasi antar kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi bahwa hasil menulis narasi siswa menggunakan model pembelajaran scaffoldinglebih tinggi dari pada model partisipatif ataupun model discovery learning. Sementara hasil temuan peneliti pada siswa memilki motivasi belajar rendah lebih tinggi hasil menulis narasi siswa jika menggunakan model pembelajaran discovery learningdari pada model scaffolding ataupun model partisipatif.Kata kunci:Model Pembelajaran, Motivasi Belajar, Kemampuan Menulis Narasi


Availability

2022019424rudPD/sin RUD 2020Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/sin RUD 2020
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
30 hlm. :ilus ; 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this