Record Detail
Advanced SearchText
Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Active Learning dalam Membangun Kecerdasan Moral Pelajar Pancasila : Studi kualitatif di Kelas V SD Laboratorium PGSD FIP UNJ / Nina Nurhasanah
Penelitian bertujuan untuk mengetahui secara naturalistik proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berbasis active learningdalam membangun kecerdasan moral siswa di kelas V SD. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis etnografi. Subyek penelitian siswa dan guru kelas V SD Laboratorium PGSD FIP UNJ di Setiabudi Jakarta Indonesia. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data hasil pengamatan dianalisis dengan pengamatan terfokus, analisis taksonomi, pengamatan terpilih, analisis komponen, dan analisis tema. Validitas data dilakukan dengan perpanjangan partisipasi, observasi mendalam, dan triangulasi. Temuan yang didapat menunjukkan bahwa (1)dalam proses pembelajaran PPKn berbasis active learningdengan menggunakan diskusi kelompok dan presentasi, penugasan baik individu maupun berkelompok, bermain games, bekerja kelompok dalam membuat proyek mindmapdan karya dari tanah liat dapat mengembangkan kecerdasan moral, (2) strategi pembelajaran yang dilakukan guru dalam pembelajaran PPKn berbasis active learningdi kelas V SD Laboratorium PGSD FIP UNJ melalui tiga cara yaitu pelibatan aktif siswa tanpa membedakan kemampuan baik anak tidak abk dengan yang abk, metode tutor sebaya (peer), dan selalu melakukan berbagai variasi kegiatan dengan melibatkan siswa dalam berbagai aktifitas belajar serta tidak melakukan pembelajaran pasif (3)selain berkembangnya kecerdasan moral dalam pembelajaran PPKn berbasis active learning, siswa juga mendapatkan pengalaman mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti dalam kegiatan membuat proyek mind mapsecara kelompok dan melakukan laporan wawancara dengan tokoh masyarakat. Kebaruan penelitian yaitu tentang kecerdasan moral di Sekolah Dasar dengan menggunakan pembelajaran PPKn berbasis active learningdi kelas inklusif.Kata kunci: Active Learning, Kecerdasan Moral, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Availability
2022019422nin | PD/sin NIN 2021 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/sin NIN 2021
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
39 hlm. : ilus. ; 21 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available