No image available for this title

Text

Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Sekolah Dasar / Ruri Tria Astika



Media pembelajaran yang efektif adalah video pembelajaran konteksual yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika sesuai dengan kebutuhan siswa kelas I Sekolah Dasar. Penggunaan media pembelajaran padaproses pembelajaran selama ini belum optimal. Guru merasa kesulitan dalam menyampaikan konsep matematika sehingga membutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam menjelaskan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan video pembelajaran yang berfokus untuk mengingkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I Sekolah Dasar di Kota Palembang. Penelitian menggunakan model pengembangan Hannafin and Peck. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan tes. Data hasil validasi ahli dianalisis dengan menggunakan rumus Content Validity Ratio(CVR). Hasil penelitian didapat: 1) video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual berbentuk CompactDisk. Video pembelajaran didesain untuk mempermudah guru menjelaskan materi sehingga hasil belajar matematika meningkat. 2) Data kuantitatif menunjukkan rata-rata penilaian dari ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa sebesar 4.72. Data kualitatif menjelaskan bahwa nilai mengindikasi bahwa video pembelajaran yang dikembangkan adalah layak. 3) Berdasarkan hasil uji efektifitas, video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstualmenggunakan kelas eksperimen dan kontrol dalam meningkatkan hasil belajar matematikadiperoleh N-gain sebesar 57.70dengan kategori “cukup efektif”.Berdasarkan data ini terbukti bahwa video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstualcukup efektifmeningkatkan hasil belajar matematika di sekolah dasardibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan video pembelajaran.
Kata Kunci: Video pembelajaran, Pendekatan Kontekstual,Hasil belajar matematika


Availability

2022019420rurPD/sin RUR 2022Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/sin RUR 2022
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
43 hlm. : ilus. ; 21,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this