Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Sekolah Dasar / Ruri Tria Astika
Media pembelajaran yang efektif adalah video pembelajaran konteksual yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika sesuai dengan kebutuhan siswa kelas I Sekolah Dasar. Penggunaan media pembelajaran padaproses pembelajaran selama ini belum optimal. Guru merasa kesulitan dalam menyampaikan konsep matematika sehingga membutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam menjelaskan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan video pembelajaran yang berfokus untuk mengingkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I Sekolah Dasar di Kota Palembang. Penelitian menggunakan model pengembangan Hannafin and Peck. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan tes. Data hasil validasi ahli dianalisis dengan menggunakan rumus Content Validity Ratio(CVR). Hasil penelitian didapat: 1) video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual berbentuk CompactDisk. Video pembelajaran didesain untuk mempermudah guru menjelaskan materi sehingga hasil belajar matematika meningkat. 2) Data kuantitatif menunjukkan rata-rata penilaian dari ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa sebesar 4.72. Data kualitatif menjelaskan bahwa nilai mengindikasi bahwa video pembelajaran yang dikembangkan adalah layak. 3) Berdasarkan hasil uji efektifitas, video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstualmenggunakan kelas eksperimen dan kontrol dalam meningkatkan hasil belajar matematikadiperoleh N-gain sebesar 57.70dengan kategori “cukup efektif”.Berdasarkan data ini terbukti bahwa video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstualcukup efektifmeningkatkan hasil belajar matematika di sekolah dasardibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan video pembelajaran.
Kata Kunci: Video pembelajaran, Pendekatan Kontekstual,Hasil belajar matematika
Availability
2022019420rur | PD/sin RUR 2022 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/sin RUR 2022
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2022 |
Collation |
43 hlm. : ilus. ; 21,5 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available