No image available for this title

Text

Peningkatan Kemampuan Membacaan Doa Sehari-Hari Melalui Media Audio Visual pada Anak Usia 5-6 Tahun : Penelitian tindakan di RA Bahagia Cipinang Jakarta Timur/ Masitah



Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca doasehari-hari pada anak TK B (usia 5-6 tahun) dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini dilakukan di RA Bahagia, Cipinang, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan model Martini Jamaris & Edwita (modifikasi model action researchModel Kemmis dan Mc Taggart),dengan prosedur (1) Melakukan assesment awal (pre asesment); (2) Planning; (3) Acting; (4) Observing;(5) Reflecting,dan (6) assesment akhir (post assesment). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 7 kali pertemuan setiap siklusnya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dengan guru dan stakeholdersekolah dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan Membaca doa sehari-hari anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan media audio visual dalam hal kelancaran dalam pengungkapan bacaan doa, ketepatan struktur kalimat dan kebermaknaan penuturan. Peningkatan yang terjadi cukup signifikan yakni data pra penelitian sebesar 49,32 % pada siklus 1 menjadi sebesar 66.47% atau naik sebesar 17,15 % dan pada siklus ke dua sebesar 88,81% atau naik sebesar 22,34%.
Kata kunci: Media audio visual, doa harian, religi moral.


Availability

2022019490masPAUD/sin MAS 2021Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/sin D0235
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
19 hlm. : ilus. ; 21,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this