No image available for this title

Text

Budaya Nadoman Pupujian: Studi Etnografi tentang Pendidikan Karakter Religius bagi Anak Usia Dini Etnik Sunda Desa Cileunyi Kulon Kabupaten Bandung Tahun 2018-2021 / Ayi Sobarna



Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali dan memaknai data yang menggambarkan budaya Nadoman Pupujian; menggali proses pendidikan Nadoman Pupujiansebagai mediapendidikan karakter religius; dan menggali karakter religius yang berkembang pada Anak Usia Dini yang sering melakukan kegiatan Nadoman Pupujian. Lokasi penelitian Desa Cileunyi Kulon Kabupaten Bandungdenganmenggunakan metode Etnografi Spradley yang melibatkan 19informan. Penelitian inimenemukanbahwa Nadoman Pupujianmerupakan salah satu produk kreatif para pujangga yang ditujukan bagi Etnik Sunda yang membutuhkan tuturus, tuturkeuneun,atau model dalam hidup. Pendidikan karakter religius melalui nadomanmulai dengan stimulasi, fasilitasi, dan simulasi yang berlangsung di madrasah, masjid, rumah, dan panggung. Nadoman Pupujianberpengaruh pada pendidikan karakter anak usia dini dari dua segi, yaitu teks dan konteks. Dari segi konten, nadomanini berpengaruh dalam pendidikan karakter religius yaitu yakin akan keberadaan Tuhan dan yakin bahwa Tuhan mendengar doa-doa mereka. Mereka juga kagum terhadap Nabi Muhammad SAW. Dari segi konteks, yang meliputi waktu dan cara membawakannya, nadomanini berpengaruh dalam pengembangan karakter religius taat dan khusyuk mengerjakan shalat, dekat dengan tempat ibadah, gemar mengenakan atribut kesantrian, dan menjadikan tokoh-tokoh agama dan orang-orang saleh sebagai kelompok rujukan (reference group). Dengan demikian, secara umum, Nadoman Pupujianberkontribusi dalam pendidikan karakter religius anak usia dini yaitu menjadikan agama sebagai (frameof reference).
Kata Kunci : Pendidikan Anak Usia Dini, Nadoman Pupujian, Pendidikan Karakter Religius, agama sebagai kerangka rujukan (frame of reference)


Availability

2022019494ayiPAUD/sin AYI 2021Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/sin AYI 2021
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
24 hlm. : ilus. ; 21 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this