Record Detail
Advanced SearchText
Pembelajaran Pendidikan Karakter :Studi Kualitatif Etnografi di SD Laboratorium PGSD - FIP - UNJ
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pembelajaran pendidikan karakter di SD Laboratorium PGSD-FIP-UNJ.Metode penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subjek penelitian yaknisiswa, guru, dan tenaga administrasi. Hasilpenelitian adalah: Pertama, tujuan pendidikan karakter diarahkan untuk mencapai visi, misi, dan tujuan sekolah. Kedua,peran guru yaknimemberikanketeladanan, mengembangkan kemampuan4C, membentukrelasi yang baik bagi seluruh komunitas sekolah,dan menghargai keunikan individu. Peran tenaga administrasi yaitumenunjukkan kinerja positif dan memberikan teladan. Peran siswa yaitusebagai agensosialisasi danmenjadi model bagi siswa lain.Ketiga, nilai karakter yang dikembangkan yaitureligius, disiplin,tanggung jawab, peduli sosialdanlingkungan, menghargaikeberagaman,danmandiri, dan percaya diri. Keempat,strategi pembelajaran meliputiketeladanan, integrasi dalam pembelajaran, pembiasaan, pengkondisian lingkungan, penguatan, integrasi melalui ekstrakurikuler, melalui cerita, bimbingan dan arahan, danpembelajaran khusus bagi siswa ABK. Kelima, evaluasi dilakukan dengan pengamatan, angket, penilaian diri, penilaian antar teman, sharing session, dan tes lisan. Keenam, faktor pendukungdan penghambat berasaldari guru, siswa, dan orang tua. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendidikan karakter di SD Laboratorium PGSD-FIP-UNJ dapat dijadikan model pembelajaran untuk sekolah dasar-sekolah dasar yang lain.
Availability
2022019418ani | PD/sin ANI 2022 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/sin ANI 2022
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2022 |
Collation |
32 hlm. : ilus. ; 21 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available