No image available for this title

Text

Pengaruh Keterlibatan Guru dalam Bermain Aktif dan Ketersediaan Fasilitas Bermain Aktif Terhadap Literasi Fisik Anak : Studi expost facto di taman kanak-kanak Provinsi Jambi tahun 2020



Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuipengaruhketerlibatanguru dalam bermain aktifdanketersediaanfasilitas bermain aktifterhadapliterasi fisik anakkelompok usia 5-6 tahun yang sedang menjalani pendidikan di lembaga PAUD di tiga kecamatan Kota JambiProvinsi Jambi.Penelitianini menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif dengan teknik expost factodesainfaktorial2x2.Penentuansampelmenggunakanteknikpurposive sampling melibatkan100anak di lima lembaga PAUD.Pengumpulan data dilakukanmelaluiobservasi dan penyebarankuesioneryang didesaindalambentukskalaLikert. AnalisisdatamenggunakanujiFdanujiTukey. Penelitianmemilikitujuhhipotesis. Enam hipotesismenyimpulkanbahwa literasi fisik anakdipengaruhiketerlibatanguru dalam bermain aktifdengan mempertimbangkan ketersediaanfasilitas bermain aktif. Namun satu hipotesis menyimpulkan bahwa hampir tidak terdapat perbedaan literasi fisik antarakelompok anak yang berada di lembaga dengan ketersediaan fasilitas bermain aktif lengkap dibandingkankelompok anak yang berada di lembaga dengan ketersediaan fasilitas bermain aktif belum lengkap jika keterlibatanguru dalam bermain aktif sama-sama rendah.
Kata Kunci: KeterlibatanGuru, bermain aktif, fasilitas bermain aktif, aktivitas fisik, anak usia dini


Availability

2022019481herPAUD/sin HER 2022Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/sin HER 2022
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
54 hlm. : ilus. ; 21 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this