Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Keterlibatan Guru dalam Bermain Aktif dan Ketersediaan Fasilitas Bermain Aktif Terhadap Literasi Fisik Anak : Studi expost facto di taman kanak-kanak Provinsi Jambi tahun 2020
Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuipengaruhketerlibatanguru dalam bermain aktifdanketersediaanfasilitas bermain aktifterhadapliterasi fisik anakkelompok usia 5-6 tahun yang sedang menjalani pendidikan di lembaga PAUD di tiga kecamatan Kota JambiProvinsi Jambi.Penelitianini menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif dengan teknik expost factodesainfaktorial2x2.Penentuansampelmenggunakanteknikpurposive sampling melibatkan100anak di lima lembaga PAUD.Pengumpulan data dilakukanmelaluiobservasi dan penyebarankuesioneryang didesaindalambentukskalaLikert. AnalisisdatamenggunakanujiFdanujiTukey. Penelitianmemilikitujuhhipotesis. Enam hipotesismenyimpulkanbahwa literasi fisik anakdipengaruhiketerlibatanguru dalam bermain aktifdengan mempertimbangkan ketersediaanfasilitas bermain aktif. Namun satu hipotesis menyimpulkan bahwa hampir tidak terdapat perbedaan literasi fisik antarakelompok anak yang berada di lembaga dengan ketersediaan fasilitas bermain aktif lengkap dibandingkankelompok anak yang berada di lembaga dengan ketersediaan fasilitas bermain aktif belum lengkap jika keterlibatanguru dalam bermain aktif sama-sama rendah.
Kata Kunci: KeterlibatanGuru, bermain aktif, fasilitas bermain aktif, aktivitas fisik, anak usia dini
Availability
2022019481her | PAUD/sin HER 2022 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PAUD/sin HER 2022
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2022 |
Collation |
54 hlm. : ilus. ; 21 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PAUD/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available