Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Metode Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kompetensi Pedagogik : Studi expost facto pada guru TK Provinsi Jawa Barat 2020
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pelatihan dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi pedagogik guru Taman Kanak-kanak di Provinsi Jawa barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian expost facto, dengan sampel guru Taman Kanak-kanak yang telah mengikuti pelatihan Diklat dasar baik yang dilaksanakan oleh GTK PAUD dan Dikmas maupun yang dilaksanakan oleh PP PAUD dan Dikmas provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan cluster sampling dengan menentukan Indeks pembangunan Manusia di provinsi Jawa Barat tahun 2019. Sampel yang digunakan sebanyak 96 orang guru TK yang terdiri dari 48 orang yang telah mengikuti metode pelatihan (24 orang metode pelatihan online dan 24 orang metode pelatihan tatap muka) serta 48 orang berkaitan dengan pengalaman mengajar (24 yang memiliki pengalaman mengajar tinggi dan 24 orang memiliki pengalaman mengajar rendah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode pelatihan online mempengaruhi kompetensi pedagogik guru TK dibandingkan dengan metode pelatihan tatap muka (103,31 > 99,54); 2) guru TK yang memiliki pengalaman mengajar tinggi akan mempengaruhi kompetensi pedagogik daripada guru yang memiliki pengalaman mengajar rendah (97,75 > 15,10); 3) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pelatihan dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi pedagogik (Fh 40,484 > 3,94); 4) Guru yang memiliki pengalaman mengajar tinggi dan telah mengikuti pelatihan online lebih tinggi kompetensi pedagogiknya dibandingkan guru yang memiliki pengalaman mengajar tinggi yang telah menikuti pelatihan tatap muka (112,17 > 98,04); 5) Guru yang memiliki pengalaman mengajar rendah lebih tinggi kompetensi pedagogiknya setelah mengikuti metode pelatihan tatap muka daripada setelah mengikuti metode pelatihan online (101,04 > 94,46). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kompetensi pedagogik dipengaruhi oleh metode pelatihan online dengan guru TK yang memiliki pengalaman mengajar tinggi dan metode pelatihan tatap muka dengan guru TK yang memiliki pengalaman mengajar rendah. Kata Kunci: Metode pelatihan, pelatihan online, pelatihan tatap muka, pengalaman Mengajar, kompetensi padagogik
Availability
2022019484kri | PAUD/sin KRI 2021 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PAUD/sin KRI 2021
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
33 hlm. : ilus. ; 21 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PAUD/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available