No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengetahuan Hidup Bersih dan Sehat : Studi penelitian dna pengembangan di TK B Provinsi Banten tahun 2017 / Nur Riska



Tujuan penelitian ini adalah memperoleh, mengembangkan, menghasilkan model pembelajaran dan menemukan kelayakan dan efektifitas penggunaan model pembelajaran melalui video untuk meningkatkan pengetahuan hidup bersih dan sehat anak TK kelompok B. Penelitian ini dilaksanakan di tiga TK yang tersebar di Provinsi Banten yaitu TK Al Aziz – Tangerang, TK Al Kautsar – Serang dan Raudhatul Jannah – Cilegon. Penelitian ini berlangsung dari bulan januari 2017 hingga bulan juni 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan menggunakan model pengembangan prototype J.Moonen. Adapun produk yang dikembangkan berupa video pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan hidup bersih dan sehat anak TK kelompok B. Evaluasi pembelajaran dilakukan secara bertahap, yaitu review ahli yang terdiri dari ahli desain pembelajaran, ahli materi, dan ahli media pembelajaran. Setelah melakukan review dari para ahli, dilanjutkan dengan uji coba one to one, uji coba small group dan uji coba field test kepada anak TK kelompok B. Berdasarkan uji coba tersebut, diperoleh hasil pengembangan yang membuktikan bahwa model pembelajaran berupa video pembelajaran baik digunakan untuk meningkatkan pengetahuan hidup bersih dan sehat anak. Hasil efektifitas membuktikan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara data pre test dan post test setelah diberikan media video pembelajaran. Pengujian dilanjutkan dengan uji Anova yang membuktikan bahwa adanya perbedaan yang signifikan setiap aspeknya, kemudian dilanjutkan dengan uji tuckey dan diperoleh bahwa aspek kebersihan diri memberikan peningkatan yang paling tinggi dibandingkan aspek lainnya. Kebaruan dari penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran melalui video AJE KENDOR yang tepat guna dan menarik untuk digunakan guru dalam melakukan KBM di sekolah, yang terdiri dari 4 episode yang setiap akhir episode diberikan penguatan oleh expert mengulas inti dari setiap episode dan juga dilengkapi musik sebagai pengantar.
Kata Kunci : Pengembangan, Model Pembelajaran, Pengetahuan, Hidup Bersih dan Sehat


Availability

2022019485nurPAUD/sin NUR 2021Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/sin NUR 2021
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
v, 22 hlm. : ilus. ; 20,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this