No image available for this title

Text

Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Lingkungan Keaksaraan di Rumah dan Keterampilan Sosial terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia Dini: Studi kausal pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar di Provinsi Jawa Timur Tahun 2019



Tujuanpenelitianini adalahuntuk mengetahui pengaruhstatus sosial ekonomi,lingkungan keaksaraan di rumah dan keterampilan sosial terhadapkemampuan literasianak Kelas1diJawa Timursebanyak120anakyangditentukandengan metodemultistageclusterrandomsampling.Penelitianini menggunakanpendekatankuantitatifasosiatifdenganteknik analisis jalur.Hasilpenelitianmenunjukkan:(1)terdapat pengaruhlangsungstatus sosialekonomiterhadaplingkungan keaksaraan di rumah, (2)terdapatpengaruh langsungstatussosialekonomi terhadapketerampilan sosial,(3)terdapat pengaruh langsung status sosial ekonomi terhadap kemampuan literasianak,(4)terdapatpengaruh langsunglingkungan keaksaraan di rumahterhadap keterampilan sosial,(5)terdapatpengaruhlangsung lingkungan keaksaraan di rumahterhadapkemampuan literasianak,(6) terdapatpengaruhlangsung keterampilan sosial anak terhadapkemampuan literasianak. Kesimpulan penelitianadalah bahwakemampuan literasianak dipengaruhi secara langsung positif oleh status sosial ekonomi, lingkungan keaksaraan di rumah dan keterampilan sosial.Artinyasemakinbaik status sosialekonomi,lingkungan keaksaraan di rumahdanketerampilan sosial anakakansemakin memberikandampak positifterhadapkemampuan literasianak.Pengaruh tidaklangsung statussosialekonomiterhadapkemampuan literasianak melalui lingkungan keaksaraan di rumahberpengaruhlebihbesar.Analisismultivariat antarvariabelbebasterhadapvariabelterikatditemukankoefisiendeterminasi (R2)sebesar0,320yangberartisecarasimultan32%variabelkemampuan literasianakdapatdijelaskan olehvariabel statussosialekonomi,lingkungan keaksaraan di rumahdanketerampilan sosial.
Kata Kunci: Kemampuan Literasi Anak, Status Sosial Ekonomi, Lingkungan Keaksaraan di Rumah, Keterampilan Sosial


Availability

2022019487mifPAUD/sin MIF 2021Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/sin MIF 2021
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
32 hlm. : ilus. ; 21 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this