Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Lingkungan Keaksaraan di Rumah dan Keterampilan Sosial terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia Dini: Studi kausal pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar di Provinsi Jawa Timur Tahun 2019
Tujuanpenelitianini adalahuntuk mengetahui pengaruhstatus sosial ekonomi,lingkungan keaksaraan di rumah dan keterampilan sosial terhadapkemampuan literasianak Kelas1diJawa Timursebanyak120anakyangditentukandengan metodemultistageclusterrandomsampling.Penelitianini menggunakanpendekatankuantitatifasosiatifdenganteknik analisis jalur.Hasilpenelitianmenunjukkan:(1)terdapat pengaruhlangsungstatus sosialekonomiterhadaplingkungan keaksaraan di rumah, (2)terdapatpengaruh langsungstatussosialekonomi terhadapketerampilan sosial,(3)terdapat pengaruh langsung status sosial ekonomi terhadap kemampuan literasianak,(4)terdapatpengaruh langsunglingkungan keaksaraan di rumahterhadap keterampilan sosial,(5)terdapatpengaruhlangsung lingkungan keaksaraan di rumahterhadapkemampuan literasianak,(6) terdapatpengaruhlangsung keterampilan sosial anak terhadapkemampuan literasianak. Kesimpulan penelitianadalah bahwakemampuan literasianak dipengaruhi secara langsung positif oleh status sosial ekonomi, lingkungan keaksaraan di rumah dan keterampilan sosial.Artinyasemakinbaik status sosialekonomi,lingkungan keaksaraan di rumahdanketerampilan sosial anakakansemakin memberikandampak positifterhadapkemampuan literasianak.Pengaruh tidaklangsung statussosialekonomiterhadapkemampuan literasianak melalui lingkungan keaksaraan di rumahberpengaruhlebihbesar.Analisismultivariat antarvariabelbebasterhadapvariabelterikatditemukankoefisiendeterminasi (R2)sebesar0,320yangberartisecarasimultan32%variabelkemampuan literasianakdapatdijelaskan olehvariabel statussosialekonomi,lingkungan keaksaraan di rumahdanketerampilan sosial.
Kata Kunci: Kemampuan Literasi Anak, Status Sosial Ekonomi, Lingkungan Keaksaraan di Rumah, Keterampilan Sosial
Availability
2022019487mif | PAUD/sin MIF 2021 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PAUD/sin MIF 2021
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
32 hlm. : ilus. ; 21 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PAUD/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available